PROFIL KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN

Ajeng Anggit Ganarsih, Ruli Hafidah, Novita Eka Nurjanah

Abstract

Kemampuan membaca permulaan anak usia dini merupakan kemampuan berbahasa yang terdiri dari menyebutkan simbol huruf, mengenal bunyi huruf, pengetahun bunyi huruf awal, pengetahuan membedakan huruf, membedakan suara hewan dan benda disekitarnya, membaca dan merangkai suku kata menjadi kata serta menjodohkan kata dengan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan membaca permulaan pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) se-Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK ABA Se-Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo. Sampel yang digunakan sejumlah 90 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada guru dan kuisioner yang berupa google form yang ditujukan untuk orangtua/wali anak didik guna untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun. Validitas instrumen menggunakan validitas isi yang dilakukan oleh Expert Judgment. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menyajikan presentase dan histogram. Hasil penelitian survei menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di TK ABA se-Kecamatan Weru sebanyak sebanyak 16,9% (15 anak) berada dalam kategori Belum Muncul (BM) dan sebanyak 83,1% (75 anak) berada dalam kategori muncul (Muncul). Hasil perkembangan kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di TK ABA Kecamatan Weru menunjukkan hasil capaian yang ideal untuk anak usia 4-5 tahun.

Keywords

kemampuan membaca, membaca permulaan, anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Aulia. (2012). Mengajarkan balita anda membaca. Yogyakarta: Intan Media.

Dalman. (2013). Keterampilan membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dhieni dkk. (2005). Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Hadini, N. (2017). Meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini melalui kegiatan permainan kartu kata di TK Al-fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Ciluku Kabupaten Cianjur. Jurnal Empowerment, 6 (1). 19-24. http://ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/370/268.

Indria,V.P., Sumarsih., & Agustriana, N. (2017). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode membaca glenn doman pada Anak Kelompok A Paud Sambela Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 2 (2), 95-100.

Madyawati, L. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak. Jakarta: Prenada Media Group.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2020). Literasi berbahasa Indonesia usia prasekolah: rancangan metode dia tampan dalam membaca permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372.

Osei, A., dkk. (2016). The use of pre-reading activities in reading skills achievement in preschool education. European of Educational Research, 5 (1), 35-42.

Peraturan Menteri Pendidikan No. 137. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemdikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan No. 146. (2014). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemdikbud.

Susanto, A. (2014). Perkembangan anak usia dini pengantar dalamberbagai aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susanto, A. (2017). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai suati keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wildova, R., & Kropackova, J. (2015). Early childhood pre-reading literacy development. Procedia Social and Behavioral Sciences. 191, 878-883. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.418.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.