SPIRITUAL PARENTING PADA ANAK USIA DINI

Feberiani Diana Putri, Anayanti Rahmawati, Nurul Shofiatin Zuhro

Abstract

Anak merupakan karunia sekaligus amanat pemberian Tuhan. Mengasuh anak merupakan kewajiban dan tanggung jawab orang tua. Pengasuhan harus melibatkan Tuhan yang disebut dengan spiritual parenting. Islamic Parenting adalah suatu pengasuhan yang berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam, Al-Qur’an dan As-Sunnah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menggali spiritual parenting pada anak usia dini yang telah dievaluasi dalam langkah yang dilakukan orang tua dan nantinya berpengaruh pada spiritualitas naka dan perilaku anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informan dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu denga wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data, subyek dan teknik. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah teknik analilis Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua Di dusun Jrakah kelurahan Delingan kecamatan Karangangar melaksanakan spiritual pernting dengan memberikan teladan, pembiasaan, nasehat dan dibantu dengan menggunakan media audio visual. Metode yang dilakukan orang tua tersebut mampu menumbuhkan spiritual anak,  seperti: mulai memiliki rasa takut pada Allah dan mulai memahami surga neraka, mulai mengenal makanan halal haram, tidak mengambil barang milik temannya tanpa izin, terbiasa sholat di masjid, berpuasa setengah hari dan pergi TPA. Anak mulai peduli dan mau berbagi mainan dengan temannya, menunjukkan sikap patuh dan hormat pada orang tua dengan tidak berani melawan. Anak tidak pilih-pilih teman dan kadang mengingatkan temannya yang berkata jorok atau mengumpat dengan perkataan.

Full Text:

PDF

References

’Ulwan, A. N. (2012). Pendidikan anak dalam keluarga. Solo: Insan Kamil.

Abdurahman, S. J. (2010). Islamic parenting (pendidikan anak metode nabi). Kartasura: PT Awam Media Profetika.

Aisyah, S. (2012). Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

At Tamimy, M. F. (2016). Konsep parenting dalam perspektif surah luqman dan implementasinya (studi kasus pada pengasuh pondok pesantren ath-harul arifin, banjarmasin). Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Chou, Mei-Ju, Yang, Chen-Hsin, Huang, P.-C. (2014). The beauty of character education on preschool children ’ s parent-child relationship. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 527–533. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.431

Chrisnanto, B. F. P. (2019). Relevansi multikulturalinsme dalam kegiatan tahlilan dirumah umat beragama katolik. https://doi.org/10.31227/osf.io/wynmf

Creswell, J. W. (2016). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif dan mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Belajar.

Depdiknas. (2003). Undang-uandang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Doe, M., & Walch, M. (2001). 10 Prinsip spiritual parenting. Bandung: Kaifa.

Edward, C. D. (2006). Ketika anak sulit diatur. Bandung: Mizan Media Utama (MMU).

Fadilah, D. (2009). Pertimbangan moral anak dengan pola asuh spiritual ( spiritual parenting ). Skrisi. Universitas Sumatera Utara.

Jamaris, M. (2013). Orientasi baru dalam psikologi pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Moleong. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyanti, S. (2013). Spiritual Parenting: menanamkan dan mengasah spiritual anak. Yogyakarta: Ramadhan Press.

Mustikaningrum, W. M. (2014). Peran kegiatan parenting dalam pola asuh orangtua di paud cinta kasih amelia di desa wunut, kecamatan ngombol, kabupaten purworejo. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Muth, T. J. (2012). Parenting and peer bullying: parents’ and adolescents’ beliefs, communication, communication, behavior and strategies (Vol. 5). Edmonton: University of Alberta. https://doi.org/10.1227/00006123-197907010-00116

Rachman, F. (2014). Islamic teen parenting. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif & rnd. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, H. (2006). Metoologi penelitian kualitatif dasar teori dan penerapannya. Surakarta: Sebelas Maret Press.

Tatminingsih, S. (2016). Hakikat anak usia dini. Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini, 1, 1–65.

Thoha, C. (1996). Kapita selekta pendidikan islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Widarmi, W. D. (2015). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wolf, S. (2020). “ Me I don ’ t really discuss anything with them ” : Parent and teacher perceptions of early childhood education and parent-teacher relationships in Ghana. International Journal of Educational Research, 99(December 2019), 101525. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2019.101525.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.