Efektivitas Pelatihan Screen Time terhadap Interaksi Anak dan Orang Tua

Shelin Apriliana Putri, Muhammad Munif Syamsuddin, Nurul Shofiatin Zuhro

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji tingkat efektivitas pelatihan screen time terhadap interaksi orang tua dan anak usia 0-5 tahun. Metode penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian one group before-after. Pelatihan screen time diberikan kepada orang tua anak sebanyak enam sesi dengan durasi 60 menit pada setiap pertemuan. Pengukuran tingkat interaksi anak dan orang tua menggunakan kuesioner yang diberikan sebanyak dua kali kepada orang tua sebelum dan sesudah diadakan pelatihan. Teknik validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan validitas isi, sedangkan reliabilitas pada instrumen ini menggunakan Alpha Cronbach (α=0,842). Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini anak usia 0-5 tahun beserta orang tuanya (N=21) yang bertempat tinggal di Kampung Suronalan RW 08 Pajang, Laweyan, Surakarta. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji sample paired t-test dan uji N Gain untuk mengetahui adanya pengaruh dan tingkat efektivitas pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan screen time kurang efektif untuk meningkatkan interaksi anak dan orang tua. Hal ini disebabkan oleh kondisi pandemi sehingga sebagian besar pelaksanaan pelatihan secara online dan kondisi orang tua. Kedua faktor tersebut mempengaruhi tingkat pemahaman dan konsistensi orang tua dalam melaksanakan materi yang telah diperoleh dari program pelatihan screen time terhadap pengasuhan anak setiap hari.

Keywords

interaksi anak-orang tua, pelatihan screen time

Full Text:

PDF

References

AP, & SIAPA. (2020). Pedoman Durasi Layar menurut Usia . 24-25.

Azwar, S. (2017). Reliabilitas dan Validitas. Jogja: Pustaka Pelajar.

Christakis, DA (2009). Pengaruh Penggunaan Media Bayi: Apa yang Kita Ketahui dan Apa yang Harus Kita Pelajari? Yayasan Acta Pædiatrica/Acta Pædiatrica , 6 , 8–16. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.2008.01027.x

Hinkley, T., Verbestel, V., Ahrens, W., Lissner, L., Molnár, D., Moreno, LA, Pigeot, I., Pohlabeln, H., Reisch, LA, Russo, P., Veidebaum, T., Tornaritis, M., Williams, G., Henauw, S. De, & Bourdeaudhuij, I. De. (2014). Penggunaan Media Elektronik Anak Usia Dini sebagai Prediktor Kesejahteraan yang Lebih Miskin Sebuah Studi Kohort Prospektif. JAMA Pediatri , 168 (5), 485–492. https://doi.org/10.1001/jamapediatrics.2014.94

Hurlock, E. B. (1980). No Title (R. M. Sijabat (ed.); Lima). Jakarta: Erlangga.

Madigan, S., Browne, D., Racine, N., Mori, C., & Suzanne, T. (2019). Hubungan Antara Waktu Layar dan Kinerja Anak pada Tes Penyaringan Perkembangan. Asosiasi Medis Amerika , 1–7. https://doi.org/10.1001/jamapediatrics.2018.5056

zyurt, G., Dinsever, ., alişkan, Z., & Evgin, D. (2018). Pengaruh Triple P pada Penggunaan Perangkat Teknologi Digital pada Anak-anak Prasekolah. Jurnal Studi Anak dan Keluarga , 27 (1), 280–289. https://doi.org/10.1007/s10826-017-0882-6

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Pomerantz, E. M., & Thompson, R. A. (2008). Parents’ Role in Children’s Personality Development: The Psychological Resource Principle. Handbook of Personality: Theory and Research, January 2008, 351–374. http://books.google.com/books?id=8r4KlgerjcUC&printsec=frontcover&source=gbs_ViewAPI%5Cnhttp://olc1.ohiolink.edu/search~S0?/tHandbook+of+personality%3A+theory+and+research/thandbook+of+personality+theory+and+research/1%2C1%2C5%2CB/frameset&FF=thandbook+of

Radesky, J. S., Peacock-Chambers, E., Zuckerman, B., & Silverstein, M. (2016). Use of Mobile Technology to Calm Upset Children: Associations with Social-Emotional Development. JAMA Pediatrics, 8–10. https://doi.org/10.1001/jamapediatrics.2015.4260.Use

Rideout, V., & B. Robb, M. (2020). The Common Sense Census : Media Use by Kids Age Zero to Eight (J. Robb (ed.)). Common Sense Media.

Sadeghi, S., Pouretemad, H., Khosrowabadi, R., Fathabadi, J., & Nikbakht, S. (2019). Behavioral and Electrophysiological Evidence for Parent Training in Young Children with Autism Symptoms and Excessive Screen-time. Asian Journal of Psychiatry, 45(August), 7–12. https://doi.org/10.1016/j.ajp.2019.08.003

Sadeghi, Saeid, Pouretemad, H. R., Khosrowabadi, R., Fathabadi, J., & Nikbakht, S. (2019). Effects of Parent–Child Interaction Training on Children who are Excessively Exposed to Digital Devices: A Pilot Study. International Journal of Psychiatry in Medicine, 54(6), 408–423. https://doi.org/10.1177/0091217419837070

Santoso, S. (2010). Kupas Tuntas Riset Eksperimen dengan Excel 2007 dan Minitab 15. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Tamana, S. K., Ezeugwu, V., Chikuma, J., Lefebvre, D. L., Azad, M. B., Moraes, T. J., Subbarao, P., Becker, A. B., Turvey, S. E., Sears, M. R., Dick, B. D., Carson, V., Rasmussen, C., Pei, J., & Mandhane, P. J. (2019). Screen-time is Associated with Inattention Problems in Preschoolers : Results from the Child birth Cohort Study. Journal Plos One, 1–15.

Tamis-LeMonda, C. S., Luo, R., Mcfadden, K. E., Bandel, E. T., & Vallotton, C. (2017). Early Home Learning Environment Predicts Children’s 5th Grade Academic Skills. Applied Developmental Science, 0(0), 1–17. https://doi.org/10.1080/10888691.2017.1345634

Twenge, JM, & Campbell, WK (2018). Asosiasi antara Waktu Layar dan Kesejahteraan Psikologis yang Lebih Rendah di antara Anak-anak dan Remaja: Bukti dari Studi Berbasis Populasi. Laporan Pengobatan Pencegahan , 12 (September), 271–283. https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2018.10.003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.