PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN AUD DI MASA PANDEMI COVID-19

Rachmatun Habibah Bintari, Nurul Khotimah

Abstract

Penelitian ini didasari oleh transisi dari pembelajaran secara tatap muka menjadi pembelajaran daring yang akan mempengaruhi pembentukan karakter disiplin pada anakusia dini. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji, mngetahui dan mendeskripsikan tentang pengaruh pembelajar daring terhadap pembentukan karakter disiplin anak di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah guru TK Darma wanita se kecamatan sidoarjo dengan mengambil 86 sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik kuesioner yang dilakukan menggunakan angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan analisa statistik regresi linier sederhana. Semua butir pertanyaan dinyatakan valid dengan nilai r sebesar (0,973). Pengaruh pembelajaran daring terhadap pembentukan karakter kedisiplinan anak usia dini, ditunjukkan dengan nilai korelasi (R) sebesar 0,779. Koefisien determinasi atau R-squared yang diperoleh adalah 60,6%. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring oleh guru memiliki pengaruh yang besar terhadap pembentukan karakter disiplin pada anak usia dini yakni mencapai 60,6%. Hal ini juga terlihat dari hasil perhitungan regresi linier sederhana yang memberikan nilai thitung sebesar 11.376 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring (X) berpengaruh terhadap pembentukan karakter disiplin anak ( Y)

Keywords

pembelajaran daring; karakter disiplin

Full Text:

PDF

References

A.Furchan. (2004). Pengantar penelitian dalam pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Agus, Wibowo. (2012). Pendidikan karakter. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arnesi Novita dan Hamid Abdul. (2015). “penggunaan media pembelajaran online –offline dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, Vol. 2, No. 1, Juni 2015

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan reliabilitas penelitian. Dilengkapi Analisis Data dengan NVivo, SPSS, dan AMOS, Jakarta: Mitra Wacana Media

Darling-Hammond, L. dan Bransford, J. (2005). preparing teachers for changing world what teachers should learn and be able to do. USA: Jossey-Bass.

DL, Ningrum. (2019). Strategi pembelajaran dalam menumbuhkan disiplin anak usia 5-6 tahun di TK Mujahidin 1 Pontianak. Jurnal Untan.

Fakhrurrazi. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. Jurnal At-Tafkir. Vol. XI No. 1:86

Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan karakter, konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hasibuan, MS & Simarmata, Janner & Sudirman, Acai. (2019). E-learning: implementasi, Strategi dan Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Holbrook, A., & Bourke, S. (2005). Introduction to research methodology. Newcastle Australia.

Hariwati dan Khotimah, N. (2016). Penggunaan metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak kelompok B. Jurnal PAUD Teratai, 5, (2), 1-4

Iin. I . (2020). Implementasi nilai pendidikan krakter tanggung jawab dan disiplin pada anak belajar di rumah masa pandemi Covid-19 di Desa Deras Kedungjati Grobogan tahun 2020. Grobogan (ID). IAIN Salatiga.

Kuntarto, Eko dan Asyhar, R. (2016). Pengembangan model pembelajaran blended learning pada aspek learning design dengan platform media sosial online sebagai pendukung perkuliahan mahasiswa. 1–26

Nazir, Moh. (2005). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Maria J. Wantah. (2005). Pengembangan disiplin dan pembentukan moral pada anak usia dini. Jakarta: Depdiknas

Morrison, George S. (2012). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Indeks

Mustofa, Chodzirin, & Sayekti, L. (2019). Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tinggi. Journal of Information Technology, 01, 15

Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. (2015). Dasar metodologi penelitian . Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sobron A.N, dkk,. (2019). Pengaruh daring learning terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar, Jurnal Sains dan Enterpreneure ship.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutatik, N., & Hasibuhan, R. (2014). Meningkatkan kedisiplinan anak kelompok cerdas di PAUD AL-Amin melalui metode latihan. Jurnal mahasiswa.unesa.ac.id, 8.

Suharyanto. (2020). Kumpulan peraturan perundangan undangan tentang Covid 19. Jakarta: Ikatan Pustakawan Indonesia.

Thorne, Kaye.(2013).t Blanded learning : how to integratet online and traditional learning. USA: Kogan Page Limited.

Mustofa, Chodzirin, & Sayekti, L. (2019). Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tinggi. Journal of Information Technology, 01, 154.

Widyahening, E.T & Wardhani, N.E. (2016). Literary works and character education. International Journal of Language and Literature, 4 (1), 176-180.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.