HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR DENGAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK

Mela Permata Sari, Nurul Khotimah

Abstract

Peran orangtua sangat penting dalam kehidupan dan perkembangan anak. Orangtua memiliki peran seperti memberian pendidikan moral, memberikan fasilitas dalam proses pembelajaran, membantu anak dalam proses pembelajaran di rumah dan lain-lain.  Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai hubungan peran orangtua dalam mendukung kegiatan belajar di rumah dengan perkembangan moral anak. Adapun yang diamati meliputi peran orangtua, perkembangan moral anak, dan nilai hubungan peran orangtua dalam mendukung pembelajaran terhadap perkembangan moral anak. Bedasarkan data  badan pusat statistik di Jombang jumlah populasi anak usia dini pada tahun 2020 sebesar 35.638 orang. Maka penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 orangtua,  sampel merupakan orangtua yang mempunyai  anak  berusia 5-6 tahun dan merupakan warga Jombang.  Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil kurang lebih  5 anak pada setiap kecamatan di Jombang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik. Proses pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji validitas tiap instrumen menggunakan SPSS 25.  Pada uji validitas  rhitung > r-tabel maka variabel dapat dikatakan valid. Setelah data dinyatakan valid dan reliabel, selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan uji regresi limier sederhana dengan tingkat kepercayaan 95% (α<0,05). Dari hasil penelitian ini hubungan peran orangtua dalam mendukung kegiatan belajar di rumah dengan perkembangan moral anak usia 5-6 tahun di Jombang memiliki hubungan sebesar 22,4%.

 

Keywords

peran orang tua, perkembangan moral

Full Text:

PDF

References

Alia, S., O, N., Nurali, R., R, S., & Hamara, H. (2020). Budaya lembaga pendidikan sebagai pilar utama melawan degradasi moral. Khazanah Pendidikan Islam, 2(2), 84-89.

Alitha, Azuna., dan Rachma Hasibuan. (2021) the effect of the role of parents as a motivator on . Early Childhood Education and Development Journal Program Studi PG-PAUD Universitas Sebelas Maret , 13-26 .

Anas, A. (2020). Jumlah peserta didik PAUD dan PNF di Jombang 2020/2021, belum final. Jombang: JOMBANG, KabarJombang.com. https://kabarjombang.com/juml ah-peserta-didik-paud-dan-pnfdi-jombang-2020-2021-belumfinal/.(diakses tanggal 7 Desember 2020)

Badan Pusat Statistik Kabupaten Jombang (2020). Jumlah desa dan kelurahan menurut Kecamatan di Kabupaten Jombang. Jombang: Badan Pusat Statistik Kabupaten Jombang. Retrieved from https://kabarjombang.com/juml ah-peserta- didik-paud-dan-pnfdi-jombang-2020-2021- belumfinal/

Cahyati, Nika dan Kusumah, Rita. (2020). Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, 4(01).

Dewantara, Ki Hajar. (1961). Azas-azas dan dasar-dasar taman siswa. Tjetakan Kedua. Jogjakarta: Majelis Luhur Taman Siswa.

Fatmawati, N., & Supriyanto, D. (2018). Pengaruh metode bercerita (tentang kisah – kisah nabi dan rosul) terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak usia 4-5 Th di RA. Perwanida Raci Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan tahun ajaran 2017-2018. PROCEEDING The Annual International Conference on Islamic Education, 333-337.

Gozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hayati, Arifia Sabila. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak dengan sistem daring pada masa pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen . Tarbiyah-Syari'ah Islamiyah, 23-32.

Kamal, Nurul. (2015). Peran orangtua dalam meningkatkan belajar anak dengan sistem daring pada masa pandemi di desa depokrejo, Kebumen. Insitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), (pp. 1-24). Langsa.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis peran orangtua dalam mendampingi anak di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 241-256.

Kurniawan, Trio. (2020). Pendidikan moral lawrence Kohlberg. Pamane Talino: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pamane Talino. Betang Filsafat, 1-9.

Lilawati, Agustien. (2021). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 549-558.

Maemunawati, Siti. Alif, Muhammad. (2020). Peran guru, orang tua, metode dan media pembelajaran: strategi KBM di masa pandemi Covid-19. Banten: 3M Media Karya Serang.

Maharani, Laila. (2014). Perkembangan moral pada anak. Konselin, 93-98.

Mufarihah., dan Munasir. (2020). Pengaruh kedisiplinan guru dan aktifitas ekstrakulikuler terhadap karakter peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara. Intelegensia: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 158-169.

Mufarochah, Siti. (2020). Pentingnya pendidikan moral pada anak usia dini di masa pandemi. At - Thufuly, 80-89.

Palar, Pingkan Mellisa. Palandeng, Henry. Kallo, Vandri D. (2015). Hubungan peran orang tua dengan prestasi belajar anak usia sekolah di SDN Inpres I Tumaratas Kecamatan Langowan Barat. Keperawatan, 1- 6.

Prabowo, Sultan Hadi. Fakhruddin, Agus. Rohman, Miftahur. (2020). Peran orangtua dalam pembentukan karakter anak di masa pandemi covid-19 perspektif pendidikan islam. Al-Tadzkiyyah, 191 – 207

Rahmansyah, Aditya. (2020). Tahap perkembangan kesadaran moral menurut lawrence kohlberg. Researchgate, 1-6.

Redyawati, Adika. (2019). Analisis pengaruh kerja dan lingkungan kerja terhadapkinerja karyawan PT. Bank Perkreditan Rakyat Binalanggeng Mulia dan PT.Bank Central Asia, Tbk (BCA) KCU Solo Slamet Riyadi. Solo : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setyowati, Sri. (2011). Konsep dan implementasi manejemen pendidikan. Surabaya: Pustakamas.

Suparno. (2020). Konsep penguatan nilai moral anak menurut kohlberg. Zahra, 58-67.

Sururiyah, Cintya Nurika Irma. Khairun, Nisa. Siti, Khusniyati. (2019). Keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak usia dini di TK Masyithoh 1. Obses, 214 – 224.

Suryani, dkk. (2020). Pengaruh pendidikan agama islam dan bimbingan orangtua terhadap akhlak anak di Kelurahan Cintaraja Kecamatan Sailkota Pekanbaru. Al-Afkar, 142-170

Syahniar. Solin, Wira. Erlamsyah. (2013). Hubungan antara perlakuan orangtua dengan belajar siswa di sekolah. Konselor, 289-294.

Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan anak dalam keluarga era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 823– 831.

Valeza. (2017). Peran orangtua dalam meningkatkan prestasi anak di Perum Tanjung Raya Permai. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, 1-53.

William C Campbell, Frank J Cavico, Pedro F. Pellet, Bahaudin J. Mubtaja,. (2010). Applying moral development literature and aethnical theories to administration of taxes in kosovo. Internasional Business and Economics Research journal, 11-28.