PEMAHAMAN GURU TENTANG KOMUNIKASI POSITIF DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU GURU
Abstract
Artikel ini membahas tentang penerapan komunikasi positif oleh guru berdasarkan pemahaman guru, sehingga tercermin dari perilaku yang ditunjukan guru saat melakukan kegiatan pembelajaran di sekolah, masalah yang melatarbelakangi penelitian adalah bagaimana pemahaman guru tentang komunikasi positif terhadap perilaku guru saat melakukan kegiatan pembelajaran di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemahaman guru tentang komunikasi positif terhadap perilaku guru dan mengetahui bentuk-bentuk penerapan komunikasi positif oleh guru. Penelitian dilakukan di TK Negeri Pembina Kota Kupang. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Subjek dalam penelitian ini sejumlah delapan orang guru. Hasil penelitian menunjukan terdapat beberapa aspek pemahaman guru tentang komunikkasi positif yang sering muncul yaitu aspek empati, aspek sikap mendukung, aspek sikap positif sehingga berpengaruh pada perilaku guru dengan menunjukan sikap baik pada guru dengan mendukung anak, guru menunjukan sikap kepedulian kepada seluruh anak, guru memberikan arahan dan motivasi positif yang membangun kepada anak dalam bentuk penerapan komunikasi positif berupa komunikasi secara verbal maupun non verbal.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ardi, P. P. 2012. Pengaruh Dongeng dan Komunikasi terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak. vol.1, No.1: 49
Duta, Nicoleta, Panisoara, Georgeta, Panisoara, Ion-Ovidiu. The Effective Communicationin Teaching. Diagnostic study regarding the academic learning motivation to students. Procedia Social and Behavioral Science. World Conference on Learning, Teaching and Education Leadership, WCLTA 2014.
Khan, Alamgir. Khan, Salahudin. Islam, Syed Zia-UI., Khan, Manzoo. Communication Skill of a Teacher and Its Role in the Development of the Student’s Academic Success. Journal of Education and Practise. Vol 8, No. 1, 2017
Ndari, S. S. & Chandrawaty. & Kibitiah., E. Wahyudin. 2019. Komunikasi Positif sebagai Upaya Perlindungan Anak dari Kekerasan melalui Kegiatan Parenting di Masyarakat Kel. Cempaka Putih, Kec.Ciputat Timur Tangsel. Jurnal Pendidikan: Eearly Childhood. vol.3, No.1
Suprihatiningrum, J. 2012. Guru Professional Pedoman Kinerja,Kualifikasi, Kompetensi Guru. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media
Undang-Undang Republik Indonesia No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional
Immaculata, O. B. 2018. Komunikasi Keluarga dalam Membangun Konsep Diri Mantan Narapidana, Jurnal E-Komunikasi. vol.6, No.2:3-4
Suyadi, M. Ulfah. 2017. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Syahrul, A.2017.Strategi Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar:117-122
Refbacks
- There are currently no refbacks.