PROFIL PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI GUGUS MELATI JATEN

Choiruddin Yasir, Upik Elok Endang Rasmani, Nurul Kusuma Dewi

Abstract

Membaca permulaan bagi anak merupakan tahap awal anak belajar mengenal huruf dan simbol bunyi dan melafalkannya, sebagai dasar dalam tahapan membaca berikutnya. Tahapan membaca permulaan lebih ditekankan pada beberapa kegiatan seperti mengenal huruf dan kata-kata, menghubungkannya dengan bunyi atau menyuarakan huruf, suku kata, dan kata yang dibentuk dalam tulisan ke dalam bentuk lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah adalah anak usia 5-6 tahun. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Teknik pengumpulan data yaitu kuisioner. Teknik uji validitas data dilakukan melalui dua tahap yaitu validitas konstruk dan validitas kriteria. Validasi konstruk pada penelitian ini menggunakan pendapat ahli (expert judgement) untuk menilai kesesuaian antara instrumen dengan aspek yang diukur. Setelah dilakukan pengujian validitas konstruk, dari 16 item yang dikonsultasikan, ada 12 item yang lolos dari pengujian ini, kemudian dilakukan uji validitas kriteria. Penelitian ini menggunakan uji validitas kriteria menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS 23 for windows. Teknik analisis data menggunakan model analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil perkembangan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di Gugus Melati Kecamatan Jaten secara garis besar termasuk dalam kategori baik.. Indikator yang termasuk dalam kategori baik, antara lain : 1) membaca/menarasikan buku cerita; 2) mengidentifikasi huruf konsonan (b,c,d,g,h); 3) mengidentifikasi huruf konsonan (j,k,l,m,n); 4) mengidentifikasi huruf konsonan (p,r,s,t,y); 5) melafalkan huruf konsonan (b,c,d,g,h); 6) melafalkan huruf konsonan (j,k,l,m,n); 7) melafalkan huruf konsonan (p,r,s,t,y); 8) membaca suku kata terbuka; dan 9) membaca kata. Sedangkan indikator membaca cetak/gambar, mengidentifikasi huruf vokal dan melafalkan huruf vokal masuk dalam kategori sangat baik.

Keywords

kemampuan, membaca permulaan, anak usia 5-6 tahun

References

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dhieni, dkk, N. (2014). Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Hariani, S. (2010). Pengembangan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. Surabaya: Unesa.

Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1),759–764. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12372

Rahim, F. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Singarimbun, M., & Effendi, S. (1989). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartono. (2005). Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Sujarweni. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Sujarwo. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Video Compact Disc pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 30.

Suyanto, S. (2005). Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Utami Aziz, R. (2006). Jangan Biarkan Anak Kita Berkesulitan Belajar. (Sukini, Ed.). Solo: Tiga Serangkai.

Wang, Y., Yin, L., & McBride, C. (2015). Unique predictors of early reading and writing: A one-year longitudinal study of Chinese kindergarteners. Early Childhood Research Quarterly, 32, 51–59. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2015.02.004

Whitehurst, G., & Lonigan, C. (1998). Modification of biopolymers, especially polylactides, for technical applications. Child Development and Emergent Literacy, 69(3), 848–872.

Zubaidah, E. (2003). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pendidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.