PROFIL KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING ANAK USIA 4-5 TAHUN

Frisca Oktaviany, Ruli Hafidah, Nurul Kusuma Dewi

Abstract

Profil kemampuan problem solving anak usia dini merupakan gambaran mengenai kondisi dari kemampuan problem solving pada anak usia dini yang disesuaikan dengan presentase perkembangannya. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui gambaran kemampuan problem solving anak usia 4-5 tahun di Gugus Melati Kecamatan Matesih. Pendekatan penelitan ini yaitu pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian yaitu survei. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun dengan jumlah sampel sebanyak 98 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara awal, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan validitas konstruk. Perolehan hasil kuesioner diolah dan mendapati bahwa sebanyak 6,12% anak yang masih kurang dan termasuk dalam kategori perkembangan yang kurang, sebanyak 33,67% anak yang termasuk dalam kategori cukup, dan sisanya sebanyak 60,21% anak yang termasuk dalam kategori perkembangan kemampuan yang baik. Berdasarkan uraian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan problem solving anak usia 4-5 tahun di Gugus Melati, Kecamatan Matesih memiliki capaian yang bervariasi, dengan kompetensi ditemukan bahwa perkembangan baik ditunjukan oleh sebagian besar anak, namun juga mendapati sebagian anak yang cukup ideal, dan di temukan pula anak yang kurang optimal dalam perkembangannya.

Kata Kunci: Profil, kemampuan problem solving, anak usia 4-5 tahun

Keywords

Profil, kemampuan problem solving, anak usia 4-5 tahun

Full Text:

PDF

References

Ahmad, S. (2011). Perkembangan anak usia dini : pengantar dalam berbagai aspek. Jakarta : Kencana Prenada Media Group. Beaty, J. J. (2013). Opservasi perkembangan anak usia dini edisi ketujuh. Jakarta: Prenadamedia Group. Busch, J. T., & Legare, C. H. (2019). Using data to solve problems : children reason flexibly in response to different kinds of evidence. Journal of Experimental Child Psychology, 183(6), 172-188. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2019.01.007. Diamond, L. L. (2017). Problem solving in the early years. Intervention in School and Clinic, 53(4), 220-22 .https://doi.org/10.1177/1053451217712957 Fusaro, M., & Smith, M. C. (2018). Preschoolers' inquisitiveness and science-relevant problem solving. Early Childhood Research Quarterly, 4(2), 119-127. http://doi.org.10.1016/j.ecresq.2017.09.002 Handini, S., Sukesi, & Astuti K, H. (2019). Strategi pemberdayaan masyarakat dalam upaya pengembangan umkm wilayah pesisir. Surabaya: Scorpio Media Pustaka. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146. 2014. Tentang standar nasional pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Phumeechanya, N & Wannapiroon, P. (2014). Design of problem-based with scaffolding learning activities in ubiquitous learning environment to develop problem-solving skills. Social and Behavioral Science, 116 (2), 4803-4808.https://doi.org. 10.1016/j.sbspro.2014.01.1028 Primayana, K, H. (2019). Menciptakan pembelajaran berbasis pemecahan masalah dengan berorientasi pembentukan karakter untuk mencapai tujuan higher order thingking skills (hots) pada anak sekolah dasar. Jurnal Agama dan Budaya, 3 (2) 85-92 Retnaningrum, W. (2016). Peningkatan perkembangan kognitif anak usia dini melalui media bermain memancing. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 3 (2) 207-218. Robbins, S. P & Judge, T. A. (2015). Perilaku organisasi. terj. ratna saraswati & febriella sirait. Jakarta : Salemba Empat. Setiasih. et.al. (2020). Developing problem solving skill using project based learning. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12 (1), 29–36 Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung. Alfabeta Setyowati. D, N. (2018). Penerapan permainan kreatif mencari harta karun untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada anak kelompok b di taman kanak-kanak. Jurnal Pinus. 3 (2) 111-117 Sujiono, Y, N. (2014). Metode pengembangan kognitif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka Suryana, D. (2016). Pendidikan anak usia dini : stimulasi aspek perkembangan anak. Jakarta: Prenadamedia Group. Suwatra, I. W., Magta, M., & Christiani, C. L. (2019). Pengaruh media busy book terhadap kemampuan problem solving. Jurnal Mimbar Ilmu, 24 (2) 25-27. Widoyoko, Putro. E. (2013). Teknik penyusunan instrumen penelitian, Yogyakarta : Pustaka Pelajar Yaumi, M. (2012). Pembelajaran berbasis multiple intelligences. Jakarta: Dian Rakyat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.