UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL
Abstract
Huruf hijaiyah merupakan huruf-huruf arab yang terhimpun menjadi satu sehingga memiliki makna tertentu dan terdapat dalam Alquran yang berguna untuk latihan ejaan membaca dan menulis Alquran. Papan flanel adalah media visual yang efektif untuk menyajikan pesan tertentu kepada sasaran tertentu pula, salah satunya kepada sasaran didik. Papan berlapis kain flanel ini dapat dilipat dan praktis. Gambar-gambar yang akan disajikan dapat dipasang dan dilepas dengan mudah, sehingga dapat dipakai berkali-kali. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah melalui media papan flanel pada anak kelompok A1 TK Aisyiyah Sumber III Surakarta tahun ajaran 2016/2017.Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A1 TK Aisyiyah Sumber III Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 anak ( 7 laki-laki dan 18 perempuan ). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah melalui media papan flanel dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan pada pratindakan sebesar 40%, 3 anak mendapat nilai bintang 6, 2 anak mendapat nilai bintang 7 dan 5 anak mendapat nilai bintang 8. Siklus I 60%, 3 anak mendapat nilai bintang 6, 7 anak mendapat nilai bintang 7 dan 5 anak mendapat nilai bintang 8. Siklus II 84%, 2 anak mendapat nilai bintang 6, 6 anak mendapat nilai bintang 7 dan 13 anak mendapat nilai bintang 8. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan mengenal dan melafalkan huruf hijaiyah dengan fasih dan secara berurutan serta meniru tulisan huruf hijaiyah dengan benar.
Kata kunci: huruf hijaiyah, media papan flanel
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad A, S. (2010). Mukhtarul ahadits. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Anitah, S. (2012).Media pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka
Arsyad, A. (2009). Media pembelajaran.Jakarta: Rajawali Pers
Daryanto.(2008). Evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Citra
Desmita.(2009). Psikologi perkembangan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Dhieni, N. (2007). Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Hafizh, A.N.M. (2012). Prophertic parenting cara nabi mendidik anak. Yogyakarta: Pro-U Media
Hasbullah.(2009). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Hurlock, E.B. (2006). Perkembangan anak. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama
Indriana, D. (2011). Ragam alat bantu media pengajaran.Jogjakarta: Diva Press
Idris, M. (2015).Strategi pembelajaran yang menyenangkan. Jakarta: Luxima
Kunandar.(2010). Langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru.Jakarta: Rajawali Pers
Mansur. (2011). Pendidikan anak usia dini dalam islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Morisson, G.H. (2012). Dasar-dasar pendidikann anak usia dini. Jakarta: Indeks
Mulyasa.(2011). Praktik penelitian tindakan kelas.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ma’rifatul, Munjiah. 2009. Imla’ Teori dan Terapan. UIN Malang Press.
Mssraty, Tariq & Fariyadi, Qais. (2013). Teaching The Qur’anic Recitation with Harakatt: A multimedia-based Interactive Learning Method. International Journal of Scientific & Engineering Research, 3, 8. Diperoleh tanggal 29 Desember 2016, dari http://www.ijser.org
Permendikbud No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia dini.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 55 Tahun 2007 tentang pendidikan Agama dan pendidikan keagamaan pasal 24.
Robbins, S.P. (2014). Perilaku organisasi. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia
Soenarto, Ahmad. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenada
Sulistyo, E. T. (2011). Media pendidikan dan pembelajaran di kelas.Surakarta: UNS Press
Syarifuddin, A. (2004). Mendidik anak: membaca, menulis dan mencintai al qur’an. Yogyakarta: Gema Insani.
Tarigan, H.G. (2008). Menyimak sebagai suatu ketrampilan berbahasa. Bandung: Angkasa
Tim Penyusun Pedoman Skripsi FKIP UNS. Pedoman penulisan skripsi FKIP UNS. (2019). Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional 2003
Wibowo.(2015). Perilaku dalam organisasi.Jakarta: Rajawali Pers
Wiyani, N.A. (2014). Psikologi perkembangan anak usia dini. Yogyakarta: Gava Media
Refbacks
- There are currently no refbacks.