UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL

Nastika Sari, Siti Wahyuningsih, Warananingtyas Palupi

Abstract

Huruf hijaiyah merupakan huruf-huruf arab yang terhimpun menjadi satu sehingga memiliki makna tertentu dan terdapat dalam Alquran yang berguna untuk latihan ejaan membaca dan menulis Alquran. Papan flanel adalah media visual yang efektif untuk menyajikan pesan tertentu kepada sasaran tertentu pula, salah satunya kepada sasaran didik. Papan berlapis kain flanel ini dapat dilipat dan praktis. Gambar-gambar yang akan disajikan dapat dipasang dan dilepas dengan mudah, sehingga dapat dipakai berkali-kali. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah melalui media papan flanel pada anak kelompok A1 TK Aisyiyah Sumber III Surakarta tahun ajaran 2016/2017.Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A1 TK Aisyiyah Sumber III Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 anak ( 7 laki-laki dan 18 perempuan ). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah melalui media papan flanel dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan pada pratindakan sebesar 40%, 3 anak mendapat nilai bintang 6, 2 anak mendapat nilai bintang 7 dan 5 anak mendapat nilai bintang 8. Siklus I 60%, 3 anak mendapat nilai bintang 6, 7 anak mendapat nilai bintang 7 dan 5 anak mendapat nilai bintang 8. Siklus II 84%, 2 anak mendapat nilai bintang 6, 6 anak mendapat nilai bintang 7 dan 13 anak mendapat nilai bintang 8. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan mengenal dan melafalkan huruf hijaiyah dengan fasih dan secara berurutan serta meniru tulisan huruf hijaiyah dengan benar.

 

Kata kunci: huruf hijaiyah, media papan flanel

 

 

Keywords

huruf hijaiyah, media papan flanel

Full Text:

PDF

References

Ahmad A, S. (2010). Mukhtarul ahadits. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Anitah, S. (2012).Media pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka

Arsyad, A. (2009). Media pembelajaran.Jakarta: Rajawali Pers

Daryanto.(2008). Evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Citra

Desmita.(2009). Psikologi perkembangan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Dhieni, N. (2007). Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Hafizh, A.N.M. (2012). Prophertic parenting cara nabi mendidik anak. Yogyakarta: Pro-U Media

Hasbullah.(2009). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Hurlock, E.B. (2006). Perkembangan anak. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama

Indriana, D. (2011). Ragam alat bantu media pengajaran.Jogjakarta: Diva Press

Idris, M. (2015).Strategi pembelajaran yang menyenangkan. Jakarta: Luxima

Kunandar.(2010). Langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru.Jakarta: Rajawali Pers

Mansur. (2011). Pendidikan anak usia dini dalam islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Morisson, G.H. (2012). Dasar-dasar pendidikann anak usia dini. Jakarta: Indeks

Mulyasa.(2011). Praktik penelitian tindakan kelas.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Ma’rifatul, Munjiah. 2009. Imla’ Teori dan Terapan. UIN Malang Press.

Mssraty, Tariq & Fariyadi, Qais. (2013). Teaching The Qur’anic Recitation with Harakatt: A multimedia-based Interactive Learning Method. International Journal of Scientific & Engineering Research, 3, 8. Diperoleh tanggal 29 Desember 2016, dari http://www.ijser.org

Permendikbud No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia dini.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 55 Tahun 2007 tentang pendidikan Agama dan pendidikan keagamaan pasal 24.

Robbins, S.P. (2014). Perilaku organisasi. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia

Soenarto, Ahmad. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenada

Sulistyo, E. T. (2011). Media pendidikan dan pembelajaran di kelas.Surakarta: UNS Press

Syarifuddin, A. (2004). Mendidik anak: membaca, menulis dan mencintai al qur’an. Yogyakarta: Gema Insani.

Tarigan, H.G. (2008). Menyimak sebagai suatu ketrampilan berbahasa. Bandung: Angkasa

Tim Penyusun Pedoman Skripsi FKIP UNS. Pedoman penulisan skripsi FKIP UNS. (2019). Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional 2003

Wibowo.(2015). Perilaku dalam organisasi.Jakarta: Rajawali Pers

Wiyani, N.A. (2014). Psikologi perkembangan anak usia dini. Yogyakarta: Gava Media

Refbacks

  • There are currently no refbacks.