PENGARUH MEDIA LIFT THE FLAP BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN

Ifa Ningrum, Ruli Hafidah, Nurul Dewi

Abstract

Menyimak merupakan salah satu aspek perkembangan bahasa yang berkembang pertama kali dan paling sering untuk dipraktekkan. Keterampilan menyimak anak usia 5-6 tahun jika tidak dicapai dengan baik maka proses belajar tidak akan mendapatkan perbaikan. Lift the flap book adalah sebuah media pembelajaran yang memunculkan dua tampilan halaman berbeda yang mendorong pembaca untuk berhenti sejenak, melihat dan bertanya-tanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari media lift the flap book terhadap keterampilan menyimak anak usia 5-6 tahun yang dilaksanakan di TK Aisyiyah Kadipiro I Banjarsari. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental design dengan bentuk non equivalent control group design. Desain ini memiliki 2 kelompok yang tidak dipilih secara random, dimana masing-masing kelompok diberikan perlakuan yang serupa mulai dari pretest, treatment dan posttest. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun yang terdiri dari 52 anak dengan rincian  26 anak sebagai kelompok eksperimen dan 26 anak sebagai kelompok kontrol. Validitas instrumen menggunakan brivate pearson. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi yang digunakan untuk mengukur keterampilan menyimak anak. Uji normalitas dan homogenitas menggunakan kolmogorov smirnov dan levene test for equality. Uji hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test dengan bantuan SPSS 15 for Windows dengan nilai signifikansi < 0,05. Hasil uji hipotesis diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.004 < 0.05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t-test dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan atau nyata antara rata-rata hasil belajar anak pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Nilai rata-rata dari kelompok eksperimen mendapatkan peningkatan yang lebih tinggi dari kelompok kontrol setelah dilakukannya perlakuan. Kelompok eksperimen dengan nilai pretest 10,27 sedangkan nilai posttestnya naik menjadi 14,08. Pretest kelompok kontrol mendapatkan nilai 10,12 sedangkan nilai posttestnya adalah 12,23. Hal ini membuktikan bahwa media lift the flap book berpengaruh terhadap keterampilan menyimak anak usia 5-6 tahun. Lift the flap memiliki keunggulan mampu memunculkan dua tampilan dalam satu halaman sehingga menarik perhatian dan memberikan pengalaman belajar yang tidak biasa. Pengaruh yang diberikan adalah anak menjadi lebih memperhatikan pada saat guru menyampaikan materi, anak lebih mampu mengingat dan memahami isi dari materi yang telah disampaikan.

 

Kata Kunci: keterampilan menyimak, lift the flap book, anak usia dini

 

 

Keywords

keterampilan menyimak, lift the flap book, anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Asmawati, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Beaty, J. J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dewantari, A. A. (2014). Sekilas tentang Pop-Up, Lift the Flap, dan Movable Book. Diperoleh tanggal 26, Desember, 2019, dari http://dgi.or.id/read/observation/sekilas-tentang-pop-up-lift-the-flap-dan-movable-book.html

Dyk, S. Van, Hewitt, C., Broman, E., & Montanaro, A. (2010). Paper Engineering: Fold, Pull, Pop and Turn. The Smithsonian Libraries Exhibition Gallery, 1–24.

Gulec, S., & Durmus, N. (2015). A Study Aiming To Develop Listening Skills Of Elementary Second Grade Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 191, 103–109.

Hermawan, H. (2012). Menyimak Keterampilan Berkomunikasi yang terabaikan (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jamaris, M. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak: Pedoman bagi Orang tua dan Guru. Jakarta: PT. Grasindo.

Oduolowu, E., & Oluwakemi, E. (2014). Effect of Storytelling on Listening Skills of Primary One Pupil in Ibadan North Local Government Area of Oyo State , International Journal of Humanities and Social Science. 4(9), 100–107.

Permendikbud No. 146. (2014). Permendikbud No. 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. 8(33), 37.

Renukadevi, D. (2014). The role of listening in language acquisition ; the challenges & strategies in teaching listening. International Journal of Education and Information Studies, 4(1), 59–63.

Renaissance, T. P., Are, H., Made, T., Prizes, M., Resources, F., & Labels, C. (2018). Once Upon A Pop-Up. The University Of British Columbia.

Smith, V. (2001). All in a flap about reading: Catherine Morland, spot, and mister wolf. Children’s Literature in Education, 32(3), 225–236.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tarigan, H. G. (2008). Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wilson, K., & Korn, J. H. (2007). Attention during Lectures: Beyond Ten Minutes. Teaching of Psychology, 34(2), 85–89.

Woottipong, K. (2014). Effect of Using Video Materials in the Teaching of Listening Skills for University Students. International Journal of Linguistics, 6(4), 200.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.