MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Nimas Ayu Mar'atun Sholikhah, Nurul Kusuma Dewi, Vera Sholeha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui media pembelajaran audio visual pada anak usia dini. Penelitian dilaksanakan di TK YPAB Permata Hati Surakarta pada tahun ajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian adalah anak usia 5–6 tahun (kelompok B). Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan observasi, sedangkan data kualitatif menggunakan wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis menggunakan analisis komparatif untuk data kuantitatif dan analisis interaktif untuk data kualitatif. Hasil penelitian secara klasikal: terdapat peningkatan kemampuan berbicara anak usia dini yaitu terjadi peningkatan persentase ketuntasan pada pratindakan sebesar 26,66%, siklus I sebesar 53,33%, dan siklus II sebesar 80%. Kesimpulan: penerapaan media pembelajaran audio visual meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun.

 

Kata Kunci: kemampuan berbicara, media pembelajaran audio visual

 

Keywords

speaking ability, audio visual learning media

Full Text:

Untitled PDF

References

Aqib, Z. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Beserta Sistematika Proposal dan Laporan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bawono, Y. 2017. Kemampuan Berbahasa pada Anak Prasekolah: Sebuah Kajian Pustaka. Semarang: Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia.

Dhieni, N., dkk. 2005. Metode Pengembangan Berbicara. Jakarta: Universitas Terbuka.

Febliza, A & Zul, A. 2015. Penelitian Pendidikan. Pekanbaru: Adefa Grafika.

Heni, G..2011. Kelebihan dan Kekurangan Jenis-jenis Media. diakses 17 Desember 2019. http://gtnheni. logspot.com/2011/12/kelebi-han-dan kekurangan-jenis-jenis.html.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendikbud.

Latif, M., dkk. 2013. Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Lestari, V.U., Saparahayu, S., & Yulidesni. 2017. Meningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita melalui Media Audio Visual VCD pada Anak Kelompok B PAUD Dharma Wanita Bengkulu Tengah.Jurnal Ilmiah Potensia, Vol. 2, 2017.

Mursid. 2015. Belajar dan Pembalajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Fajar Interpratama.

Stevenson, B. 2016. Children’s Independence: a Conceptual Argument For Connecting The Conduct Of Everyday Life And Learning In Finland. Children’s Geographies Journal, Vol. 15 No.4, Desember, 2016, 439-451

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tarigan, H.G. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.