Meningkatkan Kemampuan Seriasi Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Papan Flanel
Abstract
ABSTRAK
Kemampuan seriasi merupakan kemampuan untuk mengurutkan atau menempatkan dua objek atau lebih sesuai urutan yang ditentukan. Kemampuan ini sebagai dasar pembelajaran matematika anak usia dini sehingga sangat penting untuk diberikan stimulasi pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan seriasi mengurutkan benda berdasarkan ukuran melalui penggunaan media papan flanel pada anak usia 4-5 tahun TK BA At-Taqwa Wonogiri. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas oleh model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus yang tiap siklusnya terdiri atas tiga pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun dengan jumlah 20 anak yang terdiri 13 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas kualitatif dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik serta uji validitas data kuantitatif menggunakan expert judgement. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik deskriptif komparatif dan analisis data kualitatif menggunakan analisis model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan seriasi anak dalam mengurutkan benda berdasarkan ukuran berat-ringan, panjang-pendek, dan berat-ringan. Hasil peningkatan persentase pada siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 55% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 80%. Uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan seriasi anak.
Kata kunci: seriasi, media papan flanel, anak usia 4-5 tahun
ABSTRACT
Seriation ability is the ability to sorted or placed two or more objects based on a certain order. This ability is the basic for early childhood mathematics learning so it’s very important to stimulated children. This study aimed to improve the seriation ability to sort objects by size through the use of flannel board media in children aged 4-5 years at TK BA At-Taqwa Wonogiri in the 2019/2020 school year. The approach in this study uses qualitative and quantitative approaches with this type of research is classroom action research with Kemmis and Mc Taggart's model. This research was conducted in two cycles with each cycle consisting of three meetings. Subjects in this study were children aged 4-5 years with 20 childrens consisting of 13 boys and 7 girls. Data collection techniques used were interviews, observation, documentation, and tests. Qualitative validity test techniques in this study used triangulation of sources and triangulation of techniques and quantitative data validity testing using expert judgment. Quantitative data analysis techniques using comparative descriptive techniques and qualitative data analysis using interactive model analysis. The results of this study indicate that the use of flannel board media can improve children's seriation ability in sorting objects based on the size of light-weight, long-short, and light-weight. The results of the percentage increase in cycle I obtained 55% completeness then increased in cycle II by 80%. The description can be concluded that the use of flannel board media can improve the ability of seriation of children.
Keywords: seriation, flannel board media, children aged 4-5 year.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Anitah, S. (2009). Media Pembelajaran. Surakarta:Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta.
Beaty, J.(2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta:
Kencana.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. (2014). Permendiknas Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Gloria, A. (2012). Peningkatan Pemahaman Matematika Seriasi melalui Praktek Langsung pada Anak Kelompok A di TK Kusuma 1 Nologaten. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Indriana, D.(2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran.Yogyakarta: Diva Press.
Piaget, J. & Barbel, I. (2010). Psikologi Anak. (Alih Bahasa: Miftahul Jannah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pudjiati, S.R.R dan Masykouri, Alzena. (2011). Mengasah Kecerdasan di Usia 0-2 Tahun. Jakarta: Dirjen PAUDNI.
S.L. Calvert, dkk. (2014). Personalized Interactive Characters For Toddlers' Learning Of Seriation From A Video Presentation. Journal of Applied Developmental Psychology 35 148-155
Sanaky, H.(2011). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Kaukaba.
Sujiono,Y.N.(2014).Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Sujiono,Y.N. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Indeks.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.