EFEKTIVITAS METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 4-5 TAHUN

Tiyas Fahmila Nuransa, Adriani Rahma Pudyaningtyas, Novita Eka Nurjanah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak kelompok A Tk AT-Tamyiz Jajar Surakarta melalui metode mind mapping. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Tagart yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulam data yang digunakan yaitu unjuk kerja, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data kuantitatif menggunakan teknik analisi deskriptif komparatif dan analisi data kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan berpikir simbolik  anak. pada tahap pratindakan diperoleh hasil 40%  atau 8 anak telah tuntas dan 60% atau 12 anak belum tuntas.  pada siklus I diperoleh hasil 70 % atau 14 anak telah tuntas dan 30% atau 6 anak belum tuntas . pada siklus II diperoleh hasil 80% atau 16 anak telah tuntas dan 20% atau 4 anak belum tuntas. Keberhasilan pada penelitian tersebut dibuktikan dengan peningkatan kemampuan berpikir simbolik anak pada setiap pertemuannya seperti anak sudah dapat membilang dan menyebutkan lambang bilangan 1-10 dengan benar, anak dapat menunjukkan lambang bilangan 1-10 dengan benar serta anak dapat menghubungkan lambang bilangan 1-10 dengan benda dengan benar. Berdasarkan papaan diatas maka dapat disimpulkan bahwa metode mind mappig dapat meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak kelompok A di Tk At-Tamyiz Jajar Surakarta.

 

Kata Kunci  : Mind mapping, Kemampuan berpikir Simbolik, anak usia 4-5 tahun

 

ABSTRACT

This study aims to improve the symbolic thinking ability of children in group A Tk AT-Tamyiz Jajar Surakarta through the mind mapping method. This study uses a quantitative qualitative approach to the type of research that is Kemmis and Mc Tegart's model class action research which is carried out in two cycles, each cycle consisting of three stages namely the planning phase, the implementation phase, the observation and reflection stage. Data collection techniques used are performance, observation, interviews, and documentation. Test the validity of the data in this study using source triangulation and technique triangulation. Quantitative data analysis use comparative descriptive analysis techniques and qualitative data analysis using the Miles and Huberman models. The results of the research show that there is an increases in the ability to think symbolically. At the pre-action stage, 40% or 8 children have completed and 60% or 12 children have not completed . The cycle I produce 70% or 14 children have completed and 30% of children or 6 children have not completed. In the second cycle stage, 80% or 16 children have completed and 20% or 4 children have not completed. The success of this research is proven by increasing the ability of children to symbolically think at each meeting, such as children can be able to count and mention 1-10 numbers correctly, children can show 1-10 numbers correctly and children can connect 1-10 numbers with objects correctly. Based on the above statement, it can be concluded that the mind mappig method can improve the symbolic thinking skills of group A children at Tk At-Tamyiz Jajar Surakarta.

 

Keywords: Mind mapping, Symbolic thinking ability, children aged 4-5 years

 

Keywords

Mind mapping, Kemampuan berpikir Simbolik, anak usia 4-5 tahun

Full Text:

PDF

References

Buzan, T. (2013). Mind Map: Untuk Meningkatkan Kreativitas. Granedia Pustaka Utama.

Gauvain, M., & Richert, R. (2016). Cognitive Development. Encyclopedia of Mental Health: Second Edition, 1, 317323. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-397045-9.00059-8

Herdin, Tl. (2017). 7 Rahasia Mind Map Membuat Anak Genius. PT Elex Media Komputindo.

Kiong, T. T., Yunos, J. B. M., Mohammad, B. Bin, Othman, W. B., Heong, Y. M., & Mohamad, M. M. B. (2012). The Development and Evaluation of the Qualities of Buzan Mind Mapping Module. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59(1988), 188196. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.264

Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group.

Olivia. (2015). 5-7 Menit Asyik Mind Mapping Kreatif. PT Elex Media Komputindo.

Purmaminingsih, N. W. E. (2014). Penerapan Metode Mind Map Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompo B3. E-Journal PG PAUD, 2.

Rosciano, A. (2015). The effectiveness of mind mapping as an active learning strategy among associate degree nursing students. Elsivier, 10(2), 9399.

Sefeeld, C. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. PT Indeks.

Sudarna. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini Melejitkan Kepribadian Anak Secara Utuh. Distributor Nasional.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping Dalam Kurikulum Pembelajaran. Gramedia.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Erlangga.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.