POLA KERJA SAMA GURU DAN ORANGTUA MENGELOLA BERMAIN AUD SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Khadijah Khadijah, Media Gusman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bermain yang diterapkan oleh guru TK Rusyda selama masa darurat Covid-19,  Pola kerjasama guru dan orang tua dalam mengelola bermain AUD di rumah, Kendala yang dihadapi selama proses belajar dan bermain di rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga model permainan yang digunakan selama masa darurat Covid-19, yakni model satu arah (hanya mengirimkan tugas, tanpa komunikasi), model dua arah (komunikasi kepada satu orang tua dan anak), dan model multi-arah (komunikasi dengan banyak anak). Terdapat empat pola kerjasama yakni kerjasama sebagai guru Pendamping, Kerjasama sebagai fasilitator, Kerjasama menciptakan Friendly E-Leraning, kegiatan Jumat parenting. Kendala yang dihadapi di antaranya kesalahan mindset orang tua tentang kegiatan bermain yang di anggap bukan dari bagian belajar, kurangnya pemahaman tentang penggunaan teknologi, orang tua memiliki kesibukan dalam bekerja, kurangnya referensi pemilihan permainan.

Keywords

Play, Study, Teacher, Parent

References

Arifa, F. N. (2020). Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam masa darurat Covid-19. Info Singkat, Kajian Singkat Terhadap Isu Aktuan Dan Strategis, XII (No. 7/I/Puslit/April/2020), 13–18.

Bodrov, E. (2015). Views on children’s play, Vygotskian and Post-Vygotskian views on children’s play. American Journal of Play, 7(3), 371.

Creswell, J. (2007). Qualitiative inquiry & research design; choosing among five approaches. Sage Publications.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Groos, K. (1912). Play of man, translate english: Elizabeth L. Baldwin. D. Appleton and Company.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Hendrastomo, G. (2008). Dilema dan tantangan pembelajaran e-learning. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1–13.

Jhonson, J. E., Cristie, J. F., & Yawkey, T. D. (1999). Play and early childhood development. Longman.

Khadijah, & Armanila. (2017). Bermain dan permainan anak usia dini. Perdana Publishing.

Knoers, F.J. Monks, A., & Haditono, S. R. (2016). Psikologi perkembangan; pengantar dalam berbagai bagiannya. Gadjah Mada Press.

Kusmana, A. (2011). E-learning dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan, 14(1),35–51. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2011v14n1a3

Lubis, R. R. (2016). Kompetensi kepribadian guru dalam persfektif islam (Studi Pemikiran Nasih ‘Ulwān Dalam Kitab Tarbiyatul Aulād). Tazkiya, 5(2), 1–13.

Lubis, R. R., & Nasution, M. H. (2017). Implementasi pendidikan karakter di madrasah. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(1), 15–32.

Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tetang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, 1 (2020).

Moloeng, L. J. (2008). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Musfiroh, T. (2014). Teori dan konsep bermain. Univeritas Terbuka.

Nata, A. (2018). Pendidikan islam di era milenial. Conciencia, 18(1), 10–28. https://doi.org/10.19109/conciencia.v18i1.2436

Rusadi, B. E., Widiyanto, R., & Lubis, R. R. (2019). Analisis learning and inovation skills mahasiswa pai melalui pendekatan saintifik dalam implementasi. XIX(2), 112–131.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep dasar pendidikan AUD. Indeks.

Syaafaruddin, & Anzizhan. (2017). Psikologi organisasi dan manajemen. Prenada Media Group.

Widyanuratikah, I. (2020). Kemendikbud: jangan ada tugas ke anak PAUD selama pandemi. Republika.

Yin, Robert K. (2003). Case study research; design and methode. Sage Publicatio

Refbacks

  • There are currently no refbacks.