PENERAPAN METODE EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN

Zunia Rizki Nur Amalia, Warananingtyas Palupi, Muhammad Munif Syamsuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun melalui metode edutainment. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah anak kelompok A TK Aisyiyah 56 Gulon tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 17 anak, yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas kuantitatif menggunakan triangulasi konstruk sedangkan kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan deskriptif komparatif, sedangkan data kualitatif menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan metode edutainment jenis bermain bowling dapat meningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan. Peningkatan dapat dilihat melalui meningkatnya kemampuan mengenal lambang bilangan anak yaitu pada pengetahuan menunjuk lambang bilangan, meniru lambang bilangan dan menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan benda. Hasil keseluruhan peningkatan persentase setelah diterapkan metode edutainment, pada siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 59%. Peningkatan pada siklus II sebesar 82%. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan keberhasilan penerapan metode edutainment jenis bermain bowling dengan proses anak dalam mengerjakan tugas seperti menunjukkan lambang bilangan secara benar, menirukan lambang bilangan, menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan benda secara tepat. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat  ditarik kesimpulan bahwa metode edutainment jenis bermain bowling dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A TK Aisyiyah 56 Gulon tahun ajaran 2018/2019.

Keywords

lambang bilangan, metode edutainment

References

Aksakal, N. (2015). Theoretical view to the approach of the edutainment. Journal Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 1232-1239.

Asmawati, L. (2014). Perencanaan pembelajaran paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Chu, F. W., & Geary, D. C. (2015). Experimental child early numerical foundations of young children’s mathematical development. Journal of Experimental Child Psychology, 132, 205-212.

Fadlillah, M. (2014). Edutainment pendidikan anak usia dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Hamid, S. M. (2014). Metode edutainment. Jogyakarta: Diva Press.

Kamsiyati, S. (2012). Pembelajaran matematika untuk guru SD dan calon guru SD. Surakarta: UNS Press.

Madyawati, L. (2012). Permainan dan bermain 1 (untuk anak). Jakarta: Prenada.

Merkley, R., & Ansari, D. (2016). ScienceDirect Why numerical symbols count in the development of mathematical skills: evidence from brain and behavior. Journal Current Opinion in Behavioral Sciences, 10, 14-20.

Pangastuti, R. (2014). Edutainment paud. Yogyakarta: Pustaka Pelajar (anggota IKAPI).

Pasawano, T. (2015). Results of enhanced learning with the edutainment format. Journal Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 946-951.

Permendikbud No. 137. (2014). Standart pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Menejemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Strickland, H. (2003). Bowling. Jakarta: Raja Grafindo Persada (Rajawali perss).

Tungga, P. (2013). Pengaruh metode edutainment terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia dini kelompok B di tk pancasila I karangpilang. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Widiasmoro, E. (2018). Strategi pembelajaran edutainment berbasis karakter. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.