PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B TK AL ISLAM 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Al Islam 4 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Peningkatan kemampuan membaca permulaan tersebut dilakukan melalui penerapan strategi pembelajaran aktif card sort. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini terdiri dari: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK AL Islam 4 Surakarta dengan jumlah 19 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, unjuk kerja, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan tringulasi sumber dan triangulasi teknik. Ketercapaian nilai kemampuan membaca permulaan anak meningkat dari pratindakan sebesar 42% ,siklus I sebesar 57% dansiklus II sebesar 78%. Hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan strategi pembelajaran aktif card sort terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan anak. Peningkatan dapat dilihat melalui meningkatnya kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Al Islam 4 Surakarta yaitu pada menyebutkan simbol-simbol huruf dan menyebutkan kata yang mempunyai huruf awal yang sama.
Kata kunci: strategi pembelajaran aktif, card sort, kemampuan membaca permulaan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2013). Pembelajaran bahasa berbasis pendidikan karakter. Bandung: PT Rafika Aditama.
Aulia. (2011). Mengajarkan balita anda membaca. Yogjakarta: Intan Media
Costa, dkk. (2013). Emergent literacy skills, behaviour problems and familial antecedents of reading difficulties. a follow-up study of reading achivment for kindergarten to fifth grade. Journal Contenpory Educational Psychology, 34(3)1018-1035
Einom, D. (2005). Permainan cerdas untuk anak usia 2-6 tahun edisis1. Jakarta: Erlangga.
Evans, M.A., Nowak, S., Burek, B., Willoughby, D. (2017). The effect of alphabet ebooks and paper books on prescholers’ behaviour: an analysis over repeated readings. Early Childhood Research Quarterly, (40) 1-12
Hosnan. (2014). Pendekatan saintifik dan konteksual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kit-ling, L. (2017). Classical chinese reading instruction: current practices and their relationship with students strategy use and reading motivation. Journal Teaching and Teacher Education, 65, 175-186.
Mulyasa, H. E. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Noor, M., & Asih, E., R. (2017). Pengaruh penggunaan strategi active learning card sort terhada peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 sd negri 1 ciomas. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 1,2 (April 2017): 167-175.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD (Online). Tersedia : http://paudjateng.xahzgs.com/2015/03/download-permendikbud-146-tahun-2014-standar-paud.html. Diakses pada tanggal 3 Januari 2019.
Ramsey, L., Deese, W, C., Cathi. (2007). Nontraditional card sorts. ProQuest Education Journals, 72(9), 38-43.
Reese, E., dkk. (2010). A review of parent intervention for preschool children’s language and emergent literacy. Vol 10 (1) 97-117
Seefeld, C. & Waisik, B. (2008). Pendidikam anak usia dini menyiapkan anak usia tiga, empat, dan lima tahun masuk sekolah. (Alih Bahasa: Pius Nasar). Jakarta: PT INDEKS.
Silberman. (2010). 101 Cara pelatihan dan pembelajaran aktif. Jakarta: Indeks.
Suherman, A., Oediyani, S., Uzliawati, L., Indriana, I., Nasution, D. (2011). Active learning to improve fifth grade mathematics achievemen in banten. university of sultan ageng tirtayasa. Excellence in higher education, 103-108.
Tarigan, H. G. (2015). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Zaini H. (2008). Stretegi pembelajaran aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Mandiri.
Refbacks
- There are currently no refbacks.