EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN

Mein Fitri Fathonah, Siti Wahyuningsih, Muhammad Munif Syamsuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media audio visual terhadap kecerdasan visual spasial pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Sampel penelitian ini sejumlah 41 anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 1 Nusukan dan TK Aisyiyah 3 Nusukan, Surakarta. Validitas instrumen menggunakan validitas isi. Teknik pengumpulan data melalui tes untuk mengukur kecerdasan visual spasial anak. Uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan kolmogrovsmirnov dan lavene test of equality of variance. Analisis data penelitian menggunakan statistik parametrik setelah data dinyatakan normal dan homogen dengan taraf signifikansi p≥0,05. Uji hipotesis menggunakan t-test dengan SPSS 15 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pertama, hasil kedua kelompok menunjukkan adanya peningkatan, rata-rata pretest kelompok eksperimen sebesar 27,13 meningkat menjadi 34,81 pada saat posttest, sedangkan rata-rata pretest kelompok kontrol sebesar 25,36 meningkat menjadi 30,57 pada saat posttest. Kedua, terdapat efektivitas media audio visual terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun, dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (p≥0,05). Hal ini membuktikan bahwa hampir seluruh anak pada kelompok eksperimen telah mampu dalam  mengelompokkan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran, mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya, menggambar suatu macam benda atau objek yang telah dilihat, dan menggambar berbagai bentuk yang berbeda-beda. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa media audio visual memberikan efektivitas terhadap kecerdasan visual spasial pada anak kelompok B TK Aisyiyah 1 Nusukan Surakarta.

Kata kunci: media audio visual, kecerdasan visual spasial, anak usia dini.

Keywords

media audio visual, kecerdasan visual spasial, anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Amstrong, T. (2013). Kecerdasan multiple. Jakarta Barat: Indeks.

Anitah. (2009). Media pembelajaran. Surakarta: Mata Padi Persindo.

Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Beceran, B. O. (2010). Determining multiple intelligences pre-schoolchildren (4-6 Age) in learning process. Social and Behavioral Sciences, 2, 2473-2480.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015. Jakarta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Jamaris, M., Edwita. (2014). Formal multiple intelligences assessment instruments for 4-6 years old children. American Journal of Educational Research, 2, 1161-1174.

Karamikabir, N. (2012). Gardner’s multiple intelligence and mathematics education. Social and Behavioral Sciences, 31, 778-781.

Khairani, M. (2017). Psikologi belajar. Yogykarta: Aswaja Pessindo.

Khuluqo, I. E. (2017). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Makokha, W. C. (2013). Utilisation of educational media in teaching and learning of oral literature in buture sub country secondary schools, Kenya. International Journal of Science and Research, 5, 757-765.

Mallekian, F. & Khazaee, R. (2012). Title: The relationship between emotional intelligence and the tendency rate to type of educational media in students. Sosial and Behavioral Sciences, 46, 3311-3315.

Morrison, G. S. (2012). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Indeks.

Munandi, Y. (2013). Media pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Mursid. (2017). Belajar dan pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noorlaila, I. (2010). Panduan lengkap PAUD. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Ode, E. (2014). Impact of audio-visual (avs) resources on teaching and learning in some selected private secondary schools in Makurdi. International Journal of Research in Humanities, Art and Literature, 2, 195-202.

Papalia, D. F., Old, S. W., & Feldam, R. D. (2008). Psikologi perkembangan. Jakarta: Kencana Media Group.

Sanaky, H. A. H. (2015). Media pembelajaran interaktif-inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2010). Bermain kreatif berbasis kecerdasan jamak. Jakarta: Indeks.

Yus, A. (2011). Model pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kencana

Refbacks

  • There are currently no refbacks.