MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA ANAK USIA DINI

Faulia Nurul Ulfa, Ruli Hafidah, Nurul Kusuma Dewi

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini  bertujuan  untuk  meningkatkan kemampuan  mengenal bentukgeometri anak usia 4-5 tahun melalui model pembelajaran  kooperatif tipe talking stick di TK ABA Thoyibah Banyuanyar Surakarta tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas pada penelitian ini menggunakan model dari Miles and Huberman. Subjek dalam penelitian ini adalah 14 anak usia 4-5 tahun. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak dan guru. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik uji validitas data kuantitatif yang digunakan dengan pengujian validitas konstruk menggunakan pendapat para ahli. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif yaitu analisis data interaktif model Miles and Huberman. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan rumus percentages correction. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan melalui pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun dari pratindakan dengan ketuntasan 28,6% sampai siklus II meningkat sebesar 85,7%. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan anak dalam menyebutkan bentuk geometri sudah benar dan tidak tertukar, anak tidak lagi menyebut lingkaran sebagai bundar atau persegi sebagai kotak. Kemampuan anak dalam mengidentifikasi bentuk juga sudah baik, anak sudah mengenal dan mampu mengidentifikasi bentuk dengan benar tanpa tertukar antara berbagai bentuk geometri. Kemampuan anak dalam mengelompokkan benda berdasarkan bentuknya juga sudah baik dengan dibuktikan anak sudah tidak salah mengelompokkan benda disekitarnya sesuai bentuk geometrinya.

 

Kata kunci : pengenalan bentuk geometri, pembelajaran kooperatif, tipe talking stick.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.