PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP PADA ANAK KELOMPOK B BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH PURBAYAN BAKI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui penerapan metode bercakap-cakap pada anak kelompok B BA Aisyiyah Purbayan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian anak kelompok B BA Aisyiyah Purbayan yang berjumlah 39 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk. Validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif dan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara pada setiap siklus. Pada prasiklus ketuntasan klasikal keterampilan berbicara sejumlah 14 anak atau 35,8%. Pada siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 21 anak atau 53,84%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan keterampilan berbicara anak meningkat menjadi 30 anak atau 76,92%. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya keterampilan berbicara dalam menjawab pertanyaan yang lebih kompleks, memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain, melanjutkan sebagian cerita atau dongeng yang telah diperdengarkan.
Kata Kunci: keterampilan berbicara, metode bercakap-cakap, pendidikan anak usia dini.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Asmawati, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. (2013). Strategi dan Tahapan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya. Djamarah, S.B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Eliyawati, C. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hurlock, E.B. (2013). Perkembangan anak jilid 1 (terjemahan). Jakarta:Erlangga.
Isjoni. (2010). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Iskandarwassid & Sunendar, D. (2015). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Morozova, Y. (2013). Methods of Enhancing Speaking Skills of Elementary Level Students. 1.
Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran TK. Jakarta: Rineka Cipta.
Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
Subana & Sunarti. (2011). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.
Tarigan, H.G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Yusuf, S. (2015). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.