PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS PADA ANAK USIA 4-5

Mida Septi Karunia, Siti Wahyuningsih, Nurul Kusuma Dewi

Abstract

Pemahaman konsep bilangan merupakan dasar dari pembelajaran matematika. Anak usia dini perlu mempelajarinya dikarenakan konsep bilangan merupakan salah satu program pengembangan PAUD pada aspek kognitif. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournaments berbasis Outdoor Study pada anak usia 4-5 tahun TK Marsudisiwi Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan selama dua siklus yang tiap siklus terdiri atas dua pertemuan dan dilaksanakan pada empat tahap, meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Uji validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, sedangkan uji validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan deskriptif komparatif dan analisis data kualitatif menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian nilai tiap indikator pemahaman konsep bilangan anak meningkat dari pra tindakan sebesar 40%, siklus I sebesar 66,67% dan pada siklus II sebesar 86,67%. Berdasarkan paparan diatas, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran teams games tournaments berbasis outdoor study dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan anak usia 4-5 tahun.

 

Kata Kunci: konsep bilangan, teams games tournaments, anak usia 4-5 tahun

References

Beaty, J.,J.(2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Fathurrohman, M.(2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ghazali, M., Ayub, A., Othman, A, R.(2017). Preschool Children’s Representation of Numbers on a Linear Number Line: Implications to Teaching and Learning of Number Concepts. Journal of Humanities and Social Science, 14 (6) 87-92. http://pdfs.semanticscholar.org. Diakses pada tanggal 26 Februari 2018.

Huda, M.(2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kamsiyati, S.(2012).Pembelajaran Matematika untuk Guru SD dan Calon Guru SD. Surakarta:UNS press.

Park, J., Bermudez, V., Robert, R, C., Brannon, E, M.(2016). Non-symbolic approximate arithmatic training improves math performance in preschoolers. Journal of Experimental Child Psychology, 152 (2016) 278-

http://www.sciendirect.com. Diakses pada tanggal 27 Februari 2018.

PAUD Jateng.(2014). Permendiknas No.58 Tahun 2009. https://www.paud.id.Diakses tanggal 3 Maret 2018.

Sujiono, Y., N., dkk.(2007).Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Shoimin, A.(2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, R., E.(1995). Cooperative Learning Theory, Research, and Practice. Needham Heights: A Simon & Schuster Company. Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingakat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:Kencana.

Ulul, I.(2014). P[eningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui P{ermaianan Memancing Angka ada Anak Kelompok A di RA Masyithoh Kalisoka Triwidadi ajangan Bantul. Skripsi. Diperoleh tanggal 17 Maret 2018.

Vera, A.(2012). Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study).Jogjakarta:DIVA Press.

Widiasworo, E.(2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yiridim, G. & Akamca, G., O.(2017). The effect outdoor learning activities on the development of preschool children. South African Journal of Education, 37 (2) 1-9. http://eric.ed.gov. Diakses pada tanggal 26 Februari 2018.

Zhang, J.(2013). Cooperative Learning in Outdoor Education. Departement of Culture and Communication National Centre for Outdoor Education. 1-38. http://www.diva-portal.org. Diakses pada tanggal 06 Maret 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.