PENGARUH PERCEPTUAL MOTOR TRAINING (PMT) TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Lusi Lukmawati, Muhammad Ismail Sriyanto, Muhammad Munif Syamsuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perceptual Motor Training (PMT) terhadap perkembangan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian murni (True Experimental Design) dengan rancangan Before-After Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Assigment. Responden penelitian ini adalah 21 anak usia 5-6 tahun di TK Al Islam 4 Surakarta sebagai kelompok eksperimen dan 21 anak usia 5-6 tahun di TK Al Huda Surakarta sebagai kelompok kontrol. Uji validitas data menggunakan koefisien korelasi dan analisis data menggunakan statistik parametrik setelah data dinyatakan normal dan homogen dengan taraf signifikasi > 0,05. Uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan Kolmogorov Smirnov dan Levene test for Equality of Variance.Uji hipotesis menggunakan t-test dengan SPSS 22 for windows.Simpulan hasil penelitian ini menunjukkan Perceptual Motor Training (PMT) memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun yang dibuktikan oleh adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (ρ>0,05). Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai postest unjuk kerja keterampilan motorik kasar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan 38,24 dan 34,52. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Perceptual Motor Training (PMT) terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun.Peningkatan motorik kasar anak dapat dilihat dari anak yang mampu untuk melakukan berbagai macam gerak lokomotor, gerak manipulatif, dan keseimbangan dengan benar dan terarah.

 

Kata Kunci : Perceptual Motor Training (PMT), motorik kasar, prasekolah

References

Jones, R A., dkk. (2016). Journal of science and medicine in sport promoting gross motor skill and phisical activity in childcare : a translational randomized controlled trial. Journal of Science and Medicine in Sport.19(9), 744-749.Diperoleh pada 1 Juni 2018, dari https://www.jsams.org.

Johnstone, J. A., & Ramon, M. (2011). Perceptual-motor activities for children : an evidence-based guide to building physical and cognitive skills. USA: Versa Press. Diperoleh pada 8 April 2018, darihttp://www.humankinetics.com/ products/allproducts/perceptual-motor- activities-for-children.

Karghand, Z. A., & Pour, M. E. (2016). The effect of perceptual-motor activities training on gross motor skills of autistic children. International Society of communication and Development among activities, 101-106. ISSN 0362-2428 Diperoleh pada 6 Maret 2018, dari http://www.europeansp.org.

Kokstejn, J., Musalek, M., Stastny, P., & Golas, A. (2017). Fundamental motor skills of czech children at the end of the preschool period. Acta Gymnica, 47 (4), 193-200. Diperoleh pada 6 April 2018, dari https://www.researchgate.net.

Lee, S. T., Wong, J. E., Shanita, S. N., Ismail, M. N., Deurenberg, P., & Poh, B. K. (2015). Daily physical activity and screen time, but not other sedentary activities, are associated with measures of obesity during childhood.

International Journal of Environmental Research and Public Health , 146-161. Diperoleh pada 18Maret 2018, dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov.

Liu, T., Hamilton, M., Davis, L., & ElGarhy, S. (2014). Gross motor performance by children with autism spectrum disorder and typically developing children on TGMD-2. Journal of Child & Adolescent Behavior, II (1), 123-126. Diperoleh pada 18 Maret 2018, dari https://www.omicsonline.org.

Papalia, D. E., Feldman, R. D., & Olds,S. W. (2013). Human development edisi 10 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Rahyubi, H. (2012). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik. Bandung: Nusa Media.

Sajedi, F., & Barati, H. (2014). The effect of perceptual motor training on motor skills of preschool children. Iranian Rehabilitation Journal, 12, 14-

Diperoleh pada 6 Maret 2018, dari http://irj.uswr.ac.ir.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sun, S. H., Zhu, Y. C., Shih, C. L., Lin, C. H., & Wu, S. K. (2010).

Development and initial validation of the preschooler gross quality scale. Developmental Disabilities, 31,1187-1196. Diperoleh pada 5 Maret 2018, dari Development and initial validation of the Preschooler Gross Motor Quality Scale - ScienceDirect.

Tabar, S. M. B. (2014). Effect of eight weeks of perceptual motor training on perceptual motor performance in children age 8-10 years in Kermanshah, International Journal of Sport Studies , 4 (4), 421-427 Diperoleh pada 24 Maret 2018, dari http://www.ijssjournal.com.

Zawi, K., Choon Lian, D. K., & Abdullah, R. T. (2014). Gross motor development of Malaysian hearing impaired male pre- and early school children. International Education Studies, 7 (13), 242- 252.Diperoleh pada 20 Maret 2018, darihttp://dx.doi.org/10.5539/ies.v7 n13p242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.