DIVERSIFIKASI BUDAYA PADA PERILAKU PROSOSIAL ANAK (JAWA, ARAB DAN TIONGHOA)

Saraswati D Rakasiwi, Muhammad Munif Syamsudin, Adriani Rahma Pudyaningtyas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku prososial pada anak berdasarkan budaya yang ada. Penelitian ini menggunakannmetodenpenelitian komparatif untuk membandingkan perilaku prososial anak dari berbagai macam budaya seperti budaya jawa, Arab dan Tionghoa. Subjek penelitian ini adalah anak usia5-6 tahun yang berasal dari Gugus Srikandi 5 dan Gugus Ester yang berjumlah 98 anak.  Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan pendapat ahli dan uji rehabilitas menggunakan Alpha Cronbach’s dengan bantuan SPSS 17 for windows untuk mengetahui kestabilan pada instrumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anova (analysis of variances). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji Anova diperoleh F hitung 2,587 dengan nilai signifikansi sebesar 0,081 > 0,05 maka artinya tidak terdapat perbedaan perilaku prososial pada anak dari budaya Jawa, Arab dan Tionghoa.

Kata kunci:prosial,budaya,children

References

Bardi, A., Lee, J. A., Hofmann-Towfigh, N., & Soutar, G. (2009). The structure of intraindividual value change. Journal of Personality and Social Psychology, 97(5),913–929.

Beaty, J., J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Benish-Weisman, M., dkk. (2019). The relations between values anprosocial behavior among children: Themoderating role of age.Personality and Individual Differences, 141 (2019) 241–247.

Budiyono, & Feriandi, Y. A. (2017). Menggali nilai nilai kearifan lokal budaya jawa sebagai sumber pendidikan karakter: Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling). Vol. 1 No. 1

Chen, X. (2018). Culture, temperament, and social and psychological adjustment. Developmental Review.

Creswell, J., W. (2017). Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dodge, D.T., Colker, L.J., & Heroman, Cate. (2002). The Creative Curriculum For Preschool. Washington DC: teaching Stategies, Inc.

Hurlock, Elizabeth B,. (2013). Perkembangan Anak Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Kizgin, H., Jamal, A., & Richard, M. (2018). Consumption of products from heritage and host cultures : The role of acculturation attitudes and behaviors. Journal of Business Research, 82(August 2017), 320–329.

Knafo, A., & Spinath, F. M. (2011). Genetic and environmental influences on girls’ and boys’ gender-typed and gender-neutral values. Developmental Psychology, 47(3),726–731.

Lestari, Rini. (2016). Transmisi nilai prososial pada remaja Jawa. Jurnal indigeneous. Vol 1, no 2.

Munfaridz. (2016). Perbedaan perilaku prososial antara suku jawa dan suku Bugis terhadap suku lain. Malang: UMM.

Mustafa, H., & Samirai. (2007). Masyarakat arab dan budaya islam. Bandung: Yayasn P3I Husnul Chotimah.

Myers, David G. (2012). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Odessey, R., Carlson, K., & Martines, N. (2003). Desire understanding and prosocial behaviour. The relationship between early development of theory of mind and the social processes ofpreschool-age children. (1)

Papalia, D., E., Olds, S., W., & Feldman, R. D. (2013). Human Developmented edisi ke-10. Jakarta: Salemba Humanika.

Purnomo, J,. T., & Kusumiati, T. (2014). Perbedaan Perilaku Prososial Warga Dewasa Antara Etnis Madura Dengan Etnis Jawa Di Bondowoso. Salatiga: UKSW.

Sheikh, M., & Anderson, J. R. (2018). Learning and Individual Differences Acculturation patterns and education of refugees and asylum seekers : A systematic literature review ☆. Learning and Individual Differences, 22–32.

Sihabudi, Ahmad. (2013). Komunikasi Antar Budaya: Suatu Perspektif Multidimensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Spinrad, T. L., & Gal, D. E. (2018). Fostering prosocial behavior and empathy in young children. Current Opinion in Psychology, 20, 40–44Yulianti, R., & Muta’ali, A. (2015). Kebuyaan dan adat istiadat peernikahan negara arab. Kebuyaan dan Sastra.

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Sulistio, Zefabya S. (2016). Pesan – pesan moral orang tua etnis tionghoa dalam mendidik anaknya. Jurnal komunikasi KAREBA, Vol 5 No. 2.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & R7D. Bandung: Afabeta.

Trommsdorff, Wolfgang F., &Boris Mayer. (2007). Sympathy, distress, and prosocial behavior ofpreschool children in four cultures. International journal of behavioral develolopment , 284-293.

Ye, S., & Kin, T. (2019). International Journal of Intercultural Relations Value change in response to cultural priming : The role of cultural identity and the impact on subjective well-being. International Journal of Intercultural Relations, 70(August 2018), 89–103.

Yulianti, R., & Muta’ali, A. (2015). Kebudayaan dan adat istiadat pernikahan negara arab. Kebudayaan dan Sastra.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.