MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Tri Wulandari, Anayanti Rahmawati, Muhammad Munif Syamsuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun melalui picture word induktive model. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah anak-anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas kuantitatif menggunakan triangulasi konstruk sedangkan kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan deskriptif komparatif sedangkan data kualitatif menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan picture word inductive model terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan. Peningkatan dapat dilihat melalui meningkatnya kemampuan membaca permulaan anak yaitu pada pengetahuan huruf abjad, membaca suku kata dan membaca kata berdasarkan gambar dan tulisan. Hasil keseluruhan peningkatan persentase setelah diterapkan picture word inductive model, pada siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 50%. Peningkatan pada siklus II sebesar 75%. Penerapan picture word inductive model dilakukan dengan cara mengeksplorasi sebuah gambar yang bertujuan untuk mengenalkan kosakata ke anak dengan memanfaatkan kemampuan alamiah anak dalam bidang baca tulis. Pelaksanaan PWIM juga menggunakan kartu kata maka secara tidak langsung anak belajar kata dari kartu kata dan kata yang ada dibagan gambar yang dapat menambah pengetahuan anak tentang huruf dan bunyi huruf. Adanya kartu kata juga bisa melatih anak belajar membaca dan mencocokan makna kata dengan bagan gambar. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui picture word inductive model dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun.

 

Key word : kemampuan membaca permulaan, picture word inductive model, anak usia 5-6 tahun

References

Abidin, Y.(2013). Pembelajaran bahasa berbasis pendidikan karakter. Bandung: PT. Refika Aditama

Aulia. (2011). Mengajarkan balita anda membaca. Yogyakarta: Intan Media

Dalman. (2013). Keterampilan membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Engelbertus, N. B., Fakhruddin, & Achmad, R. (2016). Pengembangan model pembelajaran indukif kata bergambar untuk pengenalan kemampuan literasi dini aud. Journal Of Primary Education, 5 (2). Diperoleh 28 April 2018, dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe

Evans, M.A., Nowak, S., Burek, B., & Willoughby, D. (2017). The effect of alphabet ebooks and paper books on prescholers’ behaviour: an analysis over repeated readings. Early Childhood Research Quarterly, (40) 1-12

Jiang, X., & Perkins, K. (2013). A conseptual paper on the application of the picture word inductive model using bruner’s constructivist view of learning and the cognitive load theory. Interdisciplinary Journal of Teaching and Learning, 3 (1)

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2011). Models of teaching (Eighth Edition). Terj. Fawaid, A. & Mirza, A. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kemendikbud. (2015). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 137 tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan anak usia dini. Jakarta: Departemen Pendidikan.

Khumairoh, I., S. (2014). Penerapan picture word induktive model untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan. Jurnal Penelitian

Li, X. (2011). The picture word inductive model and english vocabulary acquistion – a study in swedish primary school. School of Teacher Education

Lonigan, C. J., Allan, N.P., & Lerner, M. D. (2011). Assesment of preschool early literacy skills: linking children’s educational needs with empirically supported instructional activities. Psychology in the School . 48 (5)

Madyawati, L. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak. Jakarta: Kencana

Patelin, I. B. (2014). Assessment of prereading competence. Journal of Contemporary Educational Studies. (2), 24-41

Santrock, J. W. (2015). Psikologi pendidikan. Terj. B. Harya. Jakarta Pusat: Salemba Humanika

Seefeldt, C., & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan anak usia dini: menyiapkan anak usia dini tiga, empat, dan lima tahun masuk sekolah. Terj. P.Nasar. Jakarta: PT Indeks

Smith, S.H & Georgeson, (2015). Language literacy. profesional development for early learning sector 0-6 Years. Seattle Pasific: University USA

Walcott, C.M., Scheemeker, A., & Bielski, K. (2010). A long investigation and preliteracy development. Journal of Attention Disorders. 14 (1)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.