PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF PADA ANAK KELOMPOK A1

Reni Dew Nur Isnaini, Yudianto Sujana, Djaelani Djaelani

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan  pemahaman  konsep  bilangan  melalui  bermain  konstruktif
pada  anak  kelompok  A1  TK  Gentungan  01  Mojogedang  Karanganyar  tahun  ajaran  2015/2016.  Penelitian
Tindakan  Kelas  (PTK)  ini  dilaksanakan  dalam  dua  siklus terdiri  dari  tiga  pertemuan  dengan tahapan  yaitu
perencanaan,  pelaksanaan,  pengamatan,  dan  refleksi.  Subjek  penelitian  adalah  anak  kelompok  A1  TK
Gentungan  01  Mojogedang  Karanganyar  tahun  ajaran  2015/2016  yang  berjumlah  16  anak.  Teknik
pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  wawancara,  observasi,  angket,  dokumentasi  dan  tes.  Data
kuantitatifnya yaitu data hasil tes dengan LKA, hasil unjuk kerja anak serta angket dari orang tua anak. Data
kualitatifnya  adalah  hasil  wawancara  dengan  guru,  observasi  aktivitas  anak  dan  kinerja  guru  serta
dokumentasi.  Dalam  mengumpulkan  data  peneliti  menggunakan  triangulasi  teknik  dan  triangulasi  sumber.
Instrumen diuji dengan uji validitas isi dan uji validitas konstruk. Analisis data menggunakan model analisis
interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil  penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan bermain konstruktif dapat meningkatkan pemahaman
konsep bilangan  anak  kelompok A1  TK  Gentungan  01 Mojogedang  Karanganyar  tahun  ajaran  2015/2016
dibuktikan peningkatan ketuntasan anak saat prasiklus 7 anak atau 43,75%, siklus I meningkat 10 anak atau
62,5 %, siklus II meningkat 13 anak atau 81%.

Kata Kunci: bermain konstruktif, konsep bilangan

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik

Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Jakarta: Departemen

Khairunnisa, A. (2014). Matematika Dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Montolalu, B. (2007). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Noorlaila, I. (2010). Panduan LengkapMengajar PAUD Kreatif Mendidik

dan Bermain Bersama Anak. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sujiono, Y. N. (2006). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Tedjasaputra, M. S. (2001). Bermain, Mainan dan Permainan untuk

Pendidikan Anak Dini. Jakarta: Grasino.

Winkel, W. (2004). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.