PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF PADA ANAK KELOMPOK A1
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan melalui bermain konstruktif
pada anak kelompok A1 TK Gentungan 01 Mojogedang Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A1 TK
Gentungan 01 Mojogedang Karanganyar tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 16 anak. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dokumentasi dan tes. Data
kuantitatifnya yaitu data hasil tes dengan LKA, hasil unjuk kerja anak serta angket dari orang tua anak. Data
kualitatifnya adalah hasil wawancara dengan guru, observasi aktivitas anak dan kinerja guru serta
dokumentasi. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Instrumen diuji dengan uji validitas isi dan uji validitas konstruk. Analisis data menggunakan model analisis
interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan bermain konstruktif dapat meningkatkan pemahaman
konsep bilangan anak kelompok A1 TK Gentungan 01 Mojogedang Karanganyar tahun ajaran 2015/2016
dibuktikan peningkatan ketuntasan anak saat prasiklus 7 anak atau 43,75%, siklus I meningkat 10 anak atau
62,5 %, siklus II meningkat 13 anak atau 81%.
Kata Kunci: bermain konstruktif, konsep bilangan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik
Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Jakarta: Departemen
Khairunnisa, A. (2014). Matematika Dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: Elek Media Komputindo.
Montolalu, B. (2007). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Noorlaila, I. (2010). Panduan LengkapMengajar PAUD Kreatif Mendidik
dan Bermain Bersama Anak. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sujiono, Y. N. (2006). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Tedjasaputra, M. S. (2001). Bermain, Mainan dan Permainan untuk
Pendidikan Anak Dini. Jakarta: Grasino.
Winkel, W. (2004). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.