PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR TEKNIK MONTASE PADA ANAK KELOMPOK B RA ASSYAFI’IYAH JUWIRING KLATEN TAHUN 2015/2016

Miskah Nuzella Birohmatik, Muhammad Shaifuddin, Warananingtyas Palupi

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan  kemampuan  motorik  halus  melalui  kegiatan  menggambar
teknik  montase  pada  anak  kelompok  B  RA  As-syafi’iyah  Juwiring  Klaten  tahun  2015/2016.  Penelitian  ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali
pertemuan yang setiap pertemuannya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Subjek dan sumber data  pada penelitian ini adalah anak kelompok B  RA As-syafi’iyah Juwiring  Klaten
tahun 2015/2016  yang  berjumlah  18  orang  dan  guru  kelompok  B.  Teknik  pengumpulan  data  dilaksanakan  melalui
observasi, wawancara, dokumentasi dan hasil karya. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber
dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang meliputi
pengumpulan  data,  reduksi  data,  observasi,  dan  refleksi.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  terdapat
peningkatan  kemampuan  motorik  halus  anak  setelah  pemberian  tindakan  dengan  menerapkan  kegiatan
menggambar teknik montase. Pada prasiklus diperoleh ketuntasan kemampuan motorik halus sejumlah 8 anak
(44,44%). Pada siklus I diperoleh ketuntasan kemampuan motorik halus meningkat menjadi 10 anak (55,56%).
Pada siklus II  ketuntasan  kemampuan motorik halus anak menjadi (83,33%) atau 15 anak. Berdasarkan uraian
di atas, maka simpulan penelitian ini adalah melalui kegiatan menggambar teknik montase dapat meningkatkan
kemampuan motorik halus anak kelompok B RA As- syafi’iyah Juwiring Klaten tahun 2015/2016.


Kata Kunci: kemampuan motorik halus, kegiatan menggambar teknik montase

References

Soelaiman. (2007). Manajemen Kinerja; Langkah Efektif untuk Membangun, Mengendalikan dan Evaluasi Kerja, Cetakan Kedua. Jakarta: PT.Intermedia Personalia Utama

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Depdikbud

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia

Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang

Standar Pendidikan Anak Usia Dini. 2009. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.