MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG HURUF MELALUI LECTURE BINGO GAMES PADA ANAK KELOMPOK A TK SRI JUWITA HANUM MOJOSONGO TAHUN AJARAN 2016 / 2017

Alifia Nisa Nursanti, Yudianto Sujana, Muhammad Munif Syamsuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf melalui lecture bingo  games
pada anak kelompok A TK Sri Juwita Hanum Mojosongo  Tahun  Ajaran 2016/2017.Bentuk penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat
pertemuan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan,  pelaksanaan  sekaligus pengamatan,  dan  refleksi/  evaluasi.
Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah 16 anak kelompok A TK  Sri Juwita Hanum dan guru kelompok
A.  Teknik  pengumpulan  data  dilaksanakan  melalui  wawancara,  observasi,  dokumentasi  dan  penugasan.
Validitas  data  menggunakan  triangulasi  sumber  dan  triangulasi  teknik.  Analisis  data  yang  digunakan  yaitu
analisis  interaktif  model  Miles  and  Hibbermen.  Simpulan  penelitian  ini  adalah  lecture  bingo  games  dapat
meningkatkan kemampuan mengenal lambang  huruf  pada  anak  kelompok  A  TK  Sri  Juwita  Hanum  Mojosongo
Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan mengenal lambang huruf anak
pada setiap siklusnya. Ketuntasan pratindakan sebesar 6%, siklus I sebesar 31%, dan siklus II sebesar  75%


Kata Kunci: perkembangan bahasa, pengenalan lambang huruf, lecture bingo games

References

Bay, J. M., Reys, R. E., Simms, K., & Taylor, P. M. (2014). Bingo games: turning student intuitions into investigations in probability and number sense. National Council Of Teacher Of Mathematics. 93 (3), 1-7.

Beetleston, Florence. (2011). Creative learning strategi pembelajaran

untuk melesatkan kreativitas siswa. Bandung: Nusa Media

Bradley, B., & Jones, J. (2007). Sharing Alphabet Books in Early

Childhood Classrooms. International Reading Association

(pp. 452–463) doi:10.1598/RT.60.5.5, 452-463.

Dirjen PAUDNI. (2009). Peraturan pemerintah pendidikan nasional

tentang standart pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kementrian pendidikan nasional

Fox. (2004). Human Physiology. Ed ke-8. New York: The Mc Graw-Hill

Companies, IncJones, G. (2013). Student characteristics, achievement and teacher expectations. The elementary school journal. 95 (2), 170-171.

Lieberman, H. A. (1996). Pharmaceuticaldosage form, second edition. NewYork: Maccel Decker IncMertler, C.A. (2014). Penelitian Tindakan

Kelas. Terj. Molan, Benyamin. Jakarta: Indeks. (Buku asli diterbitkan 2012)

Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini, edisi

ketiga. Terj Tim Penerjemah Prenadamedia Group. Jakarta: Prenadamedia Group. (Buku asli diterbitkan 2008)

Papalia, D.E., Olds, S.W., & Feldman,R.D. (2009). Human

development, Edisi 10:Perkembangan Manusia, Buku 1. Terj. Marswendy, Brian. Jakarta: Salemba Humanika. (Buku asli diterbitkan 2008)

Santrock. J. W. (2002). Life-span development: Perkembangan

Masa Hidup, edisi kelima. Terj.Achmad Chusairi, Juda Damanik..

Jakarta: Erlangga. (Buku asli diterbitkan 2002)

Seefelt & Wasik. (2008). PendidikanAnak Usia Dini: menyiapkan anak usia tiga, empat, dan lima tahun masuk sekolah, edisikedua. Terj. Nasar Pius. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.