MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG HURUF MELALUI LECTURE BINGO GAMES PADA ANAK KELOMPOK A TK SRI JUWITA HANUM MOJOSONGO TAHUN AJARAN 2016 / 2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf melalui lecture bingo games
pada anak kelompok A TK Sri Juwita Hanum Mojosongo Tahun Ajaran 2016/2017.Bentuk penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat
pertemuan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan sekaligus pengamatan, dan refleksi/ evaluasi.
Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah 16 anak kelompok A TK Sri Juwita Hanum dan guru kelompok
A. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan penugasan.
Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan yaitu
analisis interaktif model Miles and Hibbermen. Simpulan penelitian ini adalah lecture bingo games dapat
meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf pada anak kelompok A TK Sri Juwita Hanum Mojosongo
Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan mengenal lambang huruf anak
pada setiap siklusnya. Ketuntasan pratindakan sebesar 6%, siklus I sebesar 31%, dan siklus II sebesar 75%
Kata Kunci: perkembangan bahasa, pengenalan lambang huruf, lecture bingo games
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bay, J. M., Reys, R. E., Simms, K., & Taylor, P. M. (2014). Bingo games: turning student intuitions into investigations in probability and number sense. National Council Of Teacher Of Mathematics. 93 (3), 1-7.
Beetleston, Florence. (2011). Creative learning strategi pembelajaran
untuk melesatkan kreativitas siswa. Bandung: Nusa Media
Bradley, B., & Jones, J. (2007). Sharing Alphabet Books in Early
Childhood Classrooms. International Reading Association
(pp. 452–463) doi:10.1598/RT.60.5.5, 452-463.
Dirjen PAUDNI. (2009). Peraturan pemerintah pendidikan nasional
tentang standart pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kementrian pendidikan nasional
Fox. (2004). Human Physiology. Ed ke-8. New York: The Mc Graw-Hill
Companies, IncJones, G. (2013). Student characteristics, achievement and teacher expectations. The elementary school journal. 95 (2), 170-171.
Lieberman, H. A. (1996). Pharmaceuticaldosage form, second edition. NewYork: Maccel Decker IncMertler, C.A. (2014). Penelitian Tindakan
Kelas. Terj. Molan, Benyamin. Jakarta: Indeks. (Buku asli diterbitkan 2012)
Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini, edisi
ketiga. Terj Tim Penerjemah Prenadamedia Group. Jakarta: Prenadamedia Group. (Buku asli diterbitkan 2008)
Papalia, D.E., Olds, S.W., & Feldman,R.D. (2009). Human
development, Edisi 10:Perkembangan Manusia, Buku 1. Terj. Marswendy, Brian. Jakarta: Salemba Humanika. (Buku asli diterbitkan 2008)
Santrock. J. W. (2002). Life-span development: Perkembangan
Masa Hidup, edisi kelima. Terj.Achmad Chusairi, Juda Damanik..
Jakarta: Erlangga. (Buku asli diterbitkan 2002)
Seefelt & Wasik. (2008). PendidikanAnak Usia Dini: menyiapkan anak usia tiga, empat, dan lima tahun masuk sekolah, edisikedua. Terj. Nasar Pius. Jakarta: Indeks.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.