Penerapan Penilaian Portofolio dalam Asesmen Perkembangan Motorik Halus Anak di TK Se-Gugus Arjuna Kecamatan Jatipurno

Puput Novia Dewi, Jenny IS Poerwanti, Sutijan Sutijan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan penilaian portofolio dalam asesmen perkembangan motorik halus anak di TK se-Gugus Arjuna Kecamatan Jatipurno. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini secara deskriptif yang didasarkan pada analisis interaktif data kualitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa secara konseptual pemahaman guru tentang portofolio sebagai instrumen penilaian di TK sudah cukup baik dan bervariasi. Prosedur pelaksanaan penilaian portofolio di TK se-Gugus Arjuna Kecamatan Jatipurno hampir sesuai dengan teori. Penerapan penilaian portofolio dalam asesmen perkembangan motorik halus anak di TK efektif untuk mengoleksi hasil karya anak dan meningkatkan motivasi belajar anak, namun penerapan penilaian portofolio ini juga tidak sepenuhnya berjalan optimal.Guru belum menciptakan proses penilaian portofolio yang efektif sehingga kualitas penilaian portofolio di lokasi penelitian belum mencerminkan proses penilaian portofolio yang efektif di kelas.


Keywords: asesmen, perkembangan motorik halus anak, penilaian portofolio

References

Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, Prosedur). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Clark, W. S. (2005). Assessment In Early Childhood Education. New Jersey: Pearson Education.

Muniningrum, R. & Budiman, R. (2016). Modul Guru Pembelajar Taman Kanak-kanak (Pedagogik: Konsep dan Teknik Penilaian di TK, Profesional: Laporan Perkembangan Anak TK). Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Luar Biasa.

Permendiknas No. 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Surapranata, S & Hatta, M. (2007). Penilaian Portofolio (Implementasi Kurikulum 2004). Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Wahyudin, U. & Agustin, M. (2011). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: PT Revika Aditama

Waseso, I., Amiri, M., & Tatminingsih, S. (2011). Evaluasi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yus, A. (2006). Penilaian Portofolio untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenaga

Refbacks

  • There are currently no refbacks.