PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN SAINS MELALUI METODE BERMAIN ANAK KELOMPOK B1 TK AISYIYAH PUNGGAWAN TAHUN 2016/2017

Nur Fadlila, Warananingtyas Palupi, Ruli Hafidah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sains dengan menerapkan metode bermain pada anak kelompok B1 TK Aisyiyah Punggawan Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Aisyiyah Punggawan Surakarta yang berjumlah 21 orang dan guru kelompok B1. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model miles and hubbermen yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis anak pada setiap siklus. Pada prasiklus diperoleh ketuntasan kemampuan berpikir kritis anak mengalami peningkatan sebesar (61,90%) atau 13 anak. Pada siklus II diperoleh ketuntasan kemampuan berpikir kritis sejumlah 18 anak (85,71%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dapat disimpulkan bahwa dengan melalui metode bermain dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak Kelompok B1TK Aisyiyah Punggawan Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.


Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, pembelajaran sains, metode bermain.

References

Atmojo, I. R. W. (2013). Pendidikan IPA dan Gizi untuk Anak Usia Dini. Surakarta: UNS

Putra, S.R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press

Rahman, H. S.(2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:PGTKI Press.

Slavin, R. E (2011). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik, Edisi Kesembilan, Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Yulianti, D. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Indeks Jakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.