PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Nana Candra Nelawati, Karsono Karsono, Warananingtyas Palupi

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam tiga siklus. Subyek penelitian adalah anak kelompok B RA As-syafi’iyah Juwiran Juwiring Klaten yang berjumlah 18 anak. Sumber data berasal dari guru dan anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan unjuk kerja. Validitas data penelitian menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data digunakan teknik analisis deskriptif interaktif Penelitian ini mendapatkan hasil terdapat peningkatan kemampuan mengenal huruf anak setelah pemberian tindakan dengan menerapkan model Make A Match. Berdasarkan tindakan prasiklus diperoleh ketuntasan kemampuan mengenal huruf anak sejumlah 8 anak atau 44,5%. Siklus I diperoleh ketuntasan kemampuan mengenal huruf anak sejumlah 11 anak (61,1%). Siklus II ketuntasan kemampuan mengenal huruf anak mengalami peningkatan sebesar (72,2%) atau 13 anak. Siklus III diperoleh ketuntasan kemampuan mengenal huruf anak sejumlah 15 anak (83,3%). Simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak kelompok B RA As-syafi’iyah Juwiring Klaten.

Kata Kunci: Mengenal Huruf, Make A Match

References

Depdiknas. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2009). Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Dhieni, N. (2007). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Permendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Jakarta: Depdiknas.

Prasetyono. (2008). Metode Membuat Anak Cerdas Sejak Dini. Yogyakarta: Garailmu.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bnadung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Susanto, A. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Suyadi. (2010). Psikolagi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.