PENGARUH BOARD GAMES TERHADAP MATHEMATIC ABILITY DALAM PENGENALAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Fitrianna Kultum Septiyani, Peduk Rintayati, Siti Istiyati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Board Games terhadap mathematic ability dalam pengenalan konsep penjumlahan dan pengurangan pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi experimental design dengan tipe non equivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah 38 anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Sukoharjo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur kemampuan penjumlahan dan pengurangan anak. Analisis data menggunakan independent sample t-test dan paired sample t-test dengan SPSS 15 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Board Games terhadap mathematic ability dalam pengenalan konsep penjumlahan dan pengurangan pada anak usia 5-6 tahun.


Kata kunci: board games, mathematic ability, penjumlahan dan pengurangan.

References

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013.

Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Elofsson, J; Gustafson, S; Samuelsson, J; & Traff, U. (2015). Playing Number Board Games Supports 5-Year-Old Children’s Early Mathematical Development. The Journal of Mathematical Behavior, 43, 134–147.

Harjanto, Bob. (2011). Agar Anak Anda Tidak Takut pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Manika Books.

Laski, E.V, Ermakova, A, Vasilyeva, M. (2014). Early Use of Decomposition for Addition and its Relation on Base-10 Knowledge. Journal of Applied Developmnetal Psychology. http://dx.doi.org/10.1016/j.appdev.2014.07.002.

Latif, M; Zukhairina; Zubaidah R; & Afandi, M. (2013). Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Aplikasi). Jakarta: Kencana.

Mubarak, A. (2013). Pahlawan kemerdekaan (permainan board game ksatria mahardhika). Undergraduate Theses Program Studi Desain Grafis.

Nisa, D & Indrayana, D. (2013). Perancangan Board Games sebagai Media Pembelajaran Lalu Lintas untuk Anak TK Usia 5-6 Tahun.

Nurhazizah. (2014). Peningkatan Kemampuan Matematika Awal Melalui Strategi Pembelajaran Kinestetik. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8 (2), 328.

Ramani, B. Geetha., Siegler, S. Robert., & Hitti, A. (2012). Taking It to the Classroom: Number Board Games as a Small Group Learning Activity. Journal of Educational Phsycology. DOI: 10.1037/a0028995.

Supriadi, D. (2013). Matrik Menjadikan Matematika Lebih Mudah dan Menyenangkan. Bandung: Nuansa.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.