PENINGKATAN PERILAKU EMPATI ANAK USIA 5 – 6 TAHUN MELALUI COOPERATIVE PLAY KELOMPOK B TK KEMALA BHAYANGKARI 55 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016 / 2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan perilaku empati anak melalui cooperative play anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 55 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 55 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 11 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data terdiri dari redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Simpulan penelitian ini adalah melalui cooperative play dapat meningkatkan perilaku empati anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 55 Surakarta Tahun Ajara 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya perilaku empati anak pada setiap siklusnya. Ketuntasan pratindakan sebesar 36%, siklus I sebesar 63%, dan siklus II sebesar 91%
Kata Kunci: perilaku empati, cooperative play, bermain kooperatif
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Moral. (Alih bahasa: Lina Jusuf).
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Cartledge, G & Milbum, J.F. 1995.Teaching Social Skills to Children & Youth : Innovative Approaches. Massachussetts : Allyn and Bacon
Cotton, K (2013) School Improvement Research Series “Developing Emphaty in Children and Youth
Farida Agus Setiawati, Iksan Wasesa, & Aswarni Sudjud. (2007). Social Life Skill untuk Anak Usia Dini Modul 1 Empati. Yogyakarta: Tiara Wacana
Hildayani, R., dkk. (2008). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
McDonald, N M & Messinger, D S. 2011. “The Development of Empathy: How, When, and Why”. Dalam In A. Acerbi, J.A. Lombo, & J.J. Sanguineti (Eds). Free will, Emotions, adn MoralActions: Philosophy and Neuroscience in Dialogue. USA: University of Miami.
Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas Tahun 2002 tentang Aspek Perkembangan Anak
Sugiyono, (2012).Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suzzane (2015).Benefit of Cooperative Games. Dipetik April 20, 2016 dari http://cooperativegames.com/2015/benefit-of-cooperative-games.html?m=1
Refbacks
- There are currently no refbacks.