UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK HALUS MELALUI MEDIA REALIA PADA ANAK KELOMPOK A TK TUNAS BANGSA PATI TAHUN AJARAN 2015/2016

Fatiha Rahma Puspitaningrum, Siti Wahyuningsih, Samidi Samidi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak melalui media realia pada anak kelompok A TK Tunas Bangsa Pati tahun ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Tunas Bangsa Pati yang berjumlah 22 anak yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan (observasi), wawancara, penugasan atau pemberian tugas dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Simpulan penelitian ini adalah melalui media realia dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak kelompok A TK Tunas Bangsa Pati tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan fisik motorik halus anak pada setiap siklusnya. Ketuntasan pra tindakan sebesar 9,1%, siklus I sebesar 34,1%, dan siklus II sebesar 86,36%.


Kata kunci: kemampuan fisik motorik halus, media realia

References

Arsyar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: GP. Cahyaningrum, W.A. 2015. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase dengan Bahan Bekas pada Anak Kelompok B TK BA Aisyiyah Blanceran Klaten Tahun Ajaran 2014/2015. Diperoleh 1 Februari 2016, dari eprints.ums.ac.id/39374/1/2.20NASKAH20PUBLIKASI.pdf. Ismiyanti, F. 2015. Efektifitas Media Realia Untuk Meningkatkan Pemahaman Mengenal Warna Bagi Anak Tunagrahita Sedang.Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 4 (1), 197-209. Diperoleh 17 Januari 2016, dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu.

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Susanto. 2015. Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Group.

Suyadi. 2011. Psikologi Belajar PAUD. Surakarta: UNS Press.

Wiyani, N. A. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.