Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kirigami Pada Anak Kelompok B2 TK ABA Thoyibah Banyuanyar Tahun Ajaran 2015/2016

Endang Setyorini, Ruli Hafidah, Adriani Rahma Pudyaningtyas

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kirigami pada anak kelompok B2 TK ABA Thoyibah Banyuanyar, Banjarsari, Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan pada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah 30 anak kelompok B2 TK ABA Thoyibah Banyuanyar dan guru kelompok B2. Validitas data yang di gunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik pengumpulan data di laksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan pemberian tugas. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik diskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan peningkatan keterampilan motorik halus anak pada setiap siklus. Pada pratindakan di peroleh data dari 30 anak terdapat 13 anak (43%) sudah tuntas. Hasil observasi selama siklus I diperoleh data dari 30 anak terdapat 29 anak ( 96%) sudah tuntas. Siklus ke II terdapat peningkatan sebesar (100%) atau 29 orang anak yang tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan melalui kirigami dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak Kelompok B2 TK ABA Thoyibah Banyuanyar, Banjarsari, Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.


Kata Kunci: keterampilan motorik halus, melipat, menggunting, kirigami

References

Beaty, J.J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Terj. Arif. Rakhman. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Calder, T. (2007). Developing Coordination for Scissor Skills. Diperoleh 22 Januari 2016, dari http://www.superduperinc.comhandoutspdf140_Scissor%20skills.pdf

Cook, M. & Hogan, E. (2008). Fine Motor Skills. Diperoleh 15 Desember 2015 dari Fine_Motor_-_PRESENTATION.pdf sydney.edu.aucompassprogramsteachersresourcesFine_Motor_ _PRESENTATION.

Hapsari, F.D. (2014). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Dan Ekspresi Gembira Menggunakan Kegiatan Kirigami Dan Menyanyi Kelompok B TK Pertiwi Jomboran 1 Klaten. Diperoleh 7 Januari 2016 dari eprints.uny.ac.id132051SKRIPSI%20Ferani%20Dwi%20Hapsari%20-%20NIM%2010111241018.pdf

Hasan, M. (2012). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Ishak, A. (2006). Alat Permainan Edukatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jakarta: Depdiknas.

Mansur. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Memisevic, H. & Hadzic, S. (2013). Development Of Fine Motor Coordination And Visual Motor Integration In Preschool Children. Journal Of Special Education And Rehabilitation. 14(1-2). 45-53.

Mitarwan, M.H. (2011). Membuat Gift Card Kirigami Bunga, Buah, Dan Sayuran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Permendiknas. (2009). Pedoman Penyusunan Kurikulum PAUD 2014. Kalimantan: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan.

Seefeldt, C. & Wasik, B.A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, Dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Terj. Pius Nasar. Jakarta: PT Indeks.

Suyanto, S. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.