EFEKTIVITAS PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK

Siti Hitthotunnahdliyyah Al Badawi, Warananingtyas Palupi, Yudianto Sujana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan permainan edukatif terhadap minat belajar anak. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group. Sampel dalam  penelitian  ini  berjumlah  masing-masing  15  anak  di  setiap  kelompok.  Data  dikumpulkan  dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji t yang diolah menggunakan SPSS 17 for Windows.   Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, ada
perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol terhadap minat belajar anak (t  hitung =5,498 > t tabel (0,05;28)=2,048). Kedua, ada perbedaan minat belajar anak pada kelompok eksperimen antara sebelum dan sesudah  diberikan  perlakuan  berupa  permainan  edukatif  (t  hitung=5,670  >  t  tabel  (0,05;14)=2,145).  Maka  dapat
disimpulkan bahwa permainan edukatif efektif dalam peningkatan minat belajar anak.


Kata Kunci : permainan edukatif, minat belajar, pendidikan anak usia dini

References

Azwar. (2013). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Brophy, J. (2010). Motivating Students to Learn (Third Edition ed.). New York: Rotledge.

Cojocariu, V. M., & Boghian, I. (2014). Teaching of Relevance of Game-Based Learning to Preschool and Primary Teachers. Social and Behavioral Science , 640-646.

Hurlock, E. B. (1985). Child Development. Singapore: Library of Congress Cataloging in Publication Data.

Hurlock, E. B. (1988). Perkembangan Anak, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Ismail, A. (2006). Education Games. Yogyakarta: Pro-U Media. Lerkkanen, M. K., Kiuru, N., Pakarinen, E., Siekkinen, M., Viljaranta, E., Nurmi, J. E., et al.

(2012). The Role of Teaching Practices in The Development of Children’s Interestin Reading and Mathematics in Kindergarten. Contemporary Educational Psychology , 266-279.

Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Petrovska, S., Sivevska, D., & Cackov, O. (2013). Role of the Game in the Development of Preschool Child. Lumen Research Center , 880-884.

Pintrich, P. R., & Schunk, D. H. (1996). Motivation in Education: Theory, Research, and Application. Ohio: Prentice Hall.

Sadirman, A. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Santrock, J. (2002). Life-Span Development. USA: McGraw-Hill Companies.

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2012). Motivasi dalam Pendidikan: Teori, Penelitian dan Aplikasi, Edisi Ketiga. Jakarta Barat: Indeks.

Silvia, P. J. (2006). Exploring the Psychology of Interest. New York: Oxford University Press.

Slameto. (2013). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiarto, Siagian, D., Sunaryanto, L. T., & Oetomo, D. S. (2001). Teknik Sampling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Tedjasaputra, M. S. (2001). Bermain, Mainan, dan Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Wentzel, K. R., & Wigfield, A. (Eds.). (2009). Handbook of Motivation at School. New York: Routledge.

Wigfield, A., & Cambria, J. (2010). Students’ Achievement Values, Goal Orientations, and Interest: Definitions, Development, and Relations to Achievement Outcomes. Developmental Review , 1-35.

Wigfield, A., & Eccless, J. S. (Eds.). (2002). Development of Achievement Motivation. Academic Press Inc.

Woolfolk, A. (2007). Educational Psychology. United States of America: Library of Congress.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.