MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF MENGGUNAKAN KERTAS KOKORU PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH PUNGGAWAN BANJARSARI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Nur Wulan Rahmawati, Chumdari Chumdari, Lies Lestari

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan  kemampuan  motorik  halus  melalui  kegiatan bermain  konstruktif  menggunakan  kertas  kokoru  pada  anak  kelompok  A  TK  Aisyiyah  Punggawan  Banjarsari Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan  yangdilakukan terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu:  perencanaan,  pelaksanaan  tindakan,  pengamatan,  dan  refleksi.  Subjek  penelitian  ini  adalah  guru  dan
seluruh  anak  kelompok  A  TK  Aisyiyah  Punggawan  Banjarsari  Surakarta  yang  berjumlah  23  anak.   Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah  observasi, wawancara, dokumentasi, dan pemberian tugas.  Teknik validitas data yang digunakan adalah  trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.  Teknik analisis data yang digunakan  yaitu  model  analisis  interaktif,  meliputi:  reduksi  data,  penyajian  data  dan  penarikan  kesimpulan. Simpulan  penelitian  ini  adalah  dengan  bermain  konstruktif  menggunakan  kertas  kokoru  dapat  meningkatkan kemampuan  motorik  halus  anak  kelompok  A  di  TK  Aisyiyah  Punggawan  Banjarsari  Surakarta  tahun  ajaran 2015/2016.  Hal  ini  dibuktikan  dengan  meningkatnya  kemampuan  motorik  halus  anak  pada  setiap  siklusnya. Ketuntasan prasiklus sebesar 43,48% , siklus I sebesar 65,21% , dan pada siklus II sebesar 82,60%.


Kata Kunci : Kemampuan Motorik Halus, Bermain Konstruktif, Kertas Kokoru

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Pedoman Pembelajaran: Bidang Pengembangan Fisik - Motorik di Taman Kanak - Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Owens, A. (2008). Supporting Children's Development. National Childcare Accreditation Council (NCAC). Dipetik 28 Februari 2016, dari http://ncac.acecqa.gov.au/.

Santi, D. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, R. (2014). Kerajinan Kokoru untuk Anak. Yogyakarta: Arcitra.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Tedjasaputra, M. S. (2001). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT Grasindo.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.