MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF MENGGUNAKAN KERTAS KOKORU PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH PUNGGAWAN BANJARSARI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan bermain konstruktif menggunakan kertas kokoru pada anak kelompok A TK Aisyiyah Punggawan Banjarsari Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan yangdilakukan terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan
seluruh anak kelompok A TK Aisyiyah Punggawan Banjarsari Surakarta yang berjumlah 23 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan pemberian tugas. Teknik validitas data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif, meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Simpulan penelitian ini adalah dengan bermain konstruktif menggunakan kertas kokoru dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Aisyiyah Punggawan Banjarsari Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan motorik halus anak pada setiap siklusnya. Ketuntasan prasiklus sebesar 43,48% , siklus I sebesar 65,21% , dan pada siklus II sebesar 82,60%.
Kata Kunci : Kemampuan Motorik Halus, Bermain Konstruktif, Kertas Kokoru
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Pedoman Pembelajaran: Bidang Pengembangan Fisik - Motorik di Taman Kanak - Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Owens, A. (2008). Supporting Children's Development. National Childcare Accreditation Council (NCAC). Dipetik 28 Februari 2016, dari http://ncac.acecqa.gov.au/.
Santi, D. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, R. (2014). Kerajinan Kokoru untuk Anak. Yogyakarta: Arcitra.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.
Tedjasaputra, M. S. (2001). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT Grasindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.