EFEKTIFITAS MATH MANIPULATIVE TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN

Istanti Tri Wulandari, Warananingtyas Palupi, Muhammad Munif Syamsudin

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menguji  ada  tidaknya  pengaruh  penggunaan  Math
Manipulative  terhadap  minat  belajar  anak  usia  5-6  tahun.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah seluruh  anak  usia  5-6  tahun  TK  Aisyiyah  V  Ngringo,  Jaten,  Karanganyar.  Sampel  yang  terpilih adalah  45  anak,  22  anak  sebagai  kelompok  eksperimen  dan  23  anak  sebagai  kelompok  kontrol. Pengambilan  sampel  dengan  sampling  sistematis.  Penelitian  ini  menggunakan  metode  quasi eksperimen Non Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan skala guttman untuk mengukur minat belajar anak. Uji normalitas dan homogenitas pada penelitian ini menggunakan Kolmogorov Smirnov  dan  Levene Test  for Equality  of Variance. Analisis data pada penelitian  ini  menggunakan  statistik  parametrik  setelah  data  dinyatakan  normal  dan  homogen dengan  taraf  signifikansi  >  0,05.  Uji  hipotesis  menggunakan  Independent  Sample  T-test  dengan
menggunakan  SPSS  15  for  windows.  Hasil  penelitian  menunjukkan  terdapat  perbedaan  yang signifikan antara pretest dan posttest.


Kata kunci : Math Manipulative, minat belajar, anak usia dini

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arnaldi, M. (2014). Four Factor Psychologies as Executive Function to Increase Interest of Learning. Journal of Social and Behavioral Sciences, 112, 503-509.

Boggan, M., Harper, S., & Whitmire, A. (2010). Using Manipulatives to Teach Elementary Mathematics. Journal of Instructional Pedagogies. 3,(1), 91-95.

Clements, D. H., J. Sarama, DiBiase, A-M. (2004). Engaging young children in mathematics: Standards for early childhood mathematics education. Mahwah, NJ, Lawrence Erlbaum Associates.

Cope, L. (2015). Math Manipulative: Making The Abstract Tangible. Delta Journal Of Education, 5 (1), 10-19.

Copley, J.V. (2001). The young child and mathematics. Washington D.C: NAEYC.

Durmus, S & Karakirik, E. (2006). Virtual Manipulatives In Mathematics

Education: A Theoretical Framework. The Turkish Online Journal of

Educational Technology – TOJET January 2006 ISSN: 1303-6521 volume 5

Issue 1 Article 12.

Djaali. (2008). Psikologi Pendidkan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Erman, S. (2003). Pelaksanaan Matematika. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bumi Aksara.

Hidi, S., Renninger, K.A., & Krapp, A. (2004). Interest, A Motivational Variable That Combines Affecting and Cognitive Functioning. Motivation, Emotion, and Cognition: Integrative Perspectives on Intellectual Functioning and Development. Mahwah: NJ Erlbaum, p. 89-115.

Kelly, C.A. (2006). Using Manipulatives in Mathematical Problem Solving: A Performance Based Analysis. The Montana Mathematics Enthusiast, 3 (2), 184-193.

Moomaw, S. (2011). Teaching mathematics in early childhood. Brookes Publishing Company; 232pp. 2011,232.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, Virginia: NCTM.

Rudd, L. C., Lambert, M. C., Satterwhite, M., & Zaier, A. (2008). Mathematical Language in Early Childhood Settings: What Really Counts?. Early Childhood Education Journal, 36(1), 75-80.

Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., Rahardjito. (2003). Media pendidikan : Pengertian, pengembangan dan Pemanfaatannya . Jakarta PT. Grafindo Pesada.

Saliatik. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Vol.2 No.2.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutama. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Surakarta: Fairuz Media.

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Syah, M. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

The Liang Gie. (1995). Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Liberty.

Tim Skripsi Fakultas. (2012). Pedoman Penulisan Skripsi . Surakarta : UNS Press.

Uno, H.B. & Masri K. (2009). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Volnea, M. & Purcaru, M. (2014). Boosting Romanian Student’s Interest in Learning Mathematics Through The Constructivist Approach. Journal of Social And Behavioral Sciences, 127, 108-113.

Wood, K. & Frid, S. (2005). Early Childhood Numeracy in A Multiage Setting.

Mathematics Education Research Journal, 16(3), 80-99.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.