EFEKTIFITAS MATH MANIPULATIVE TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh penggunaan Math
Manipulative terhadap minat belajar anak usia 5-6 tahun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun TK Aisyiyah V Ngringo, Jaten, Karanganyar. Sampel yang terpilih adalah 45 anak, 22 anak sebagai kelompok eksperimen dan 23 anak sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel dengan sampling sistematis. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen Non Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan skala guttman untuk mengukur minat belajar anak. Uji normalitas dan homogenitas pada penelitian ini menggunakan Kolmogorov Smirnov dan Levene Test for Equality of Variance. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik parametrik setelah data dinyatakan normal dan homogen dengan taraf signifikansi > 0,05. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test dengan
menggunakan SPSS 15 for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest.
Kata kunci : Math Manipulative, minat belajar, anak usia dini
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arnaldi, M. (2014). Four Factor Psychologies as Executive Function to Increase Interest of Learning. Journal of Social and Behavioral Sciences, 112, 503-509.
Boggan, M., Harper, S., & Whitmire, A. (2010). Using Manipulatives to Teach Elementary Mathematics. Journal of Instructional Pedagogies. 3,(1), 91-95.
Clements, D. H., J. Sarama, DiBiase, A-M. (2004). Engaging young children in mathematics: Standards for early childhood mathematics education. Mahwah, NJ, Lawrence Erlbaum Associates.
Cope, L. (2015). Math Manipulative: Making The Abstract Tangible. Delta Journal Of Education, 5 (1), 10-19.
Copley, J.V. (2001). The young child and mathematics. Washington D.C: NAEYC.
Durmus, S & Karakirik, E. (2006). Virtual Manipulatives In Mathematics
Education: A Theoretical Framework. The Turkish Online Journal of
Educational Technology – TOJET January 2006 ISSN: 1303-6521 volume 5
Issue 1 Article 12.
Djaali. (2008). Psikologi Pendidkan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Erman, S. (2003). Pelaksanaan Matematika. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bumi Aksara.
Hidi, S., Renninger, K.A., & Krapp, A. (2004). Interest, A Motivational Variable That Combines Affecting and Cognitive Functioning. Motivation, Emotion, and Cognition: Integrative Perspectives on Intellectual Functioning and Development. Mahwah: NJ Erlbaum, p. 89-115.
Kelly, C.A. (2006). Using Manipulatives in Mathematical Problem Solving: A Performance Based Analysis. The Montana Mathematics Enthusiast, 3 (2), 184-193.
Moomaw, S. (2011). Teaching mathematics in early childhood. Brookes Publishing Company; 232pp. 2011,232.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, Virginia: NCTM.
Rudd, L. C., Lambert, M. C., Satterwhite, M., & Zaier, A. (2008). Mathematical Language in Early Childhood Settings: What Really Counts?. Early Childhood Education Journal, 36(1), 75-80.
Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., Rahardjito. (2003). Media pendidikan : Pengertian, pengembangan dan Pemanfaatannya . Jakarta PT. Grafindo Pesada.
Saliatik. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Vol.2 No.2.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutama. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Surakarta: Fairuz Media.
Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Syah, M. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
The Liang Gie. (1995). Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Liberty.
Tim Skripsi Fakultas. (2012). Pedoman Penulisan Skripsi . Surakarta : UNS Press.
Uno, H.B. & Masri K. (2009). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Volnea, M. & Purcaru, M. (2014). Boosting Romanian Student’s Interest in Learning Mathematics Through The Constructivist Approach. Journal of Social And Behavioral Sciences, 127, 108-113.
Wood, K. & Frid, S. (2005). Early Childhood Numeracy in A Multiage Setting.
Mathematics Education Research Journal, 16(3), 80-99.
Refbacks
- There are currently no refbacks.