PENINGKATAN PEMAHAMAN HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA KELOMPOK B TK AISYIYAH PUNGGAWAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman huruf hijaiyah melalui metode kooperatif tipe make a match pada kelompok B TK Aisyiyah Punggawan Surakarta tahun ajaran 2015/ 2016. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Punggawan Surakarta tahun ajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data terdiri dari redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Simpulan penelitian ini adalah melalui metode kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan pemahaman huruf hijaiyah anak kelompok B TK Aisyiyah Punggawan Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pemahaman huruf hijaiyah anak p ada setiap siklusnya. Ketuntasan pratindakan sebesar 60%, siklus I sebesar 72%, dan siklus II sebesar 88%
Kata Kunci: pemahaman huruf hijaiyah, metode kooperatif tipe make a match
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daryanto.(2008). Media Pembelajaran. Jogjakarta : Gava media.
Fata, C. (2015). Cinta Al-Qur’an dan Hadits. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Hildayani, R., dkk. (2008). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Shoimin.(2014). Metode Pembelajaran Kooperatif. Jogjakarta: Gava Media.
Siswanti. (2012). Perkembangan Bahasa Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono, (2012).Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suyadi.(2013). Cerdas Dengan Spiritual Educational Games. Jakarta: Penerbit Saufa.
Wiryawan.(2001). Psikologi Perkembangan Anak.Yogyakarta: Pedagogia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.