Penerapan Metode Mind Map Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Anak Kelompok B 2 TK Al-Fatah Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita dengan
menggunakan metode mind map. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan terdiri dari dua siklus, setiap siklus dilaksanakan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah anak kelompok B 2 TK ALFatah Karanganyar, tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 orang anak, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi/arsip. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan bercerita anak pada prasiklus yang tuntas 7 orang anak (31, 82%), pada siklus I ada 12 orang anak (54,55%), dan pada siklus II meningkat menjadi 18 orang anak (81,82%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode mind map dapat meningkatkan
kemampuan bercerita anak.
Kata kunci: Kemampuan bercerita, metode mind map.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arifin, H. W. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengingat Urutan Kata Melalui Metode Bernyanyi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kelas B TK Baiturrahman Karangasem, Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi Tidak di Publikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Bachri, B. S. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Buzan, T. & Abbott, S. (Eds.). (2005). The Ultimate Book of Mind Maps. London: Harper Collins Publisher.
Daroah. (2013). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita dengan Media Audio Visual Di Kelompok B1 RA Perwaninda 02 Slawi. Skripsi Tidak Di Publikasikan. Universitas Negeri Semarang.
Dodd, L. (2004). Learning to Think: Thinking to Learn. Di peroleh 13 Agustus 2015, dari http://www.lancsngfl.ac.uk/nationalstrategy/literacy/files/TheBrainandLearning.pdf
Eliyawati, C. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Indriyani, M. P., Wirya, I. N., & Parmiti, D. P. (2013). Penerapan Metoda Mind
Mapping Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Kurniati, E. & Rachmawati, Y. (2005). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Lupu, N. (2013). 4 Fun and Creative Mind Maps to Develop Kids' Multiple Intelligences. Diperoleh 13 Agustus 2015, dari http://elearningindustry.com/4-fun-and-creative-mind-maps-to-develop-kids-multiple-intelligences Masitoh, Aisyah, T., Agie, Liskunarko, Purwanto, E. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Musfiroh, T. (2005). Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Pedoman Skripsi. (2015). Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret. Rachmawati, Y. & Kurniati, E. (2005). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Rahayu, R. T. (2014). Meningkatkan Daya Ingat Melalui Penggunaan Media Mind Mapping Pada Anak Kelompok B 1 TK LKMD Singosaren Banguntapan. Skripsi Tidak Di Publikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Ramli, M. (2005). Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Rochilah, M. (2006). Penerapan Strategi Pemetaan Pikiran untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas II –A SDN Sidosermo II/549 Surabaya. Surabaya: PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya.
Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sholekah, A. N. (2011). Peningkatan Kegiatan Bercerita dengan Menggunakan Teknik Peta Konsep Pada Siswa Kela X 6 SMA Negeri I Imogiri, Bantul. Skripsi Tidak di publikasikan. Universitas Negeri Yogakarta.
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sulistiyaningsih, E. (2010). Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Karangasem III Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi Tidak Di Publikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Suyanto, S. (2005). Pembelajaran untuk Anak TK. Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional.
Unggul, R. A. (2015). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Penerapan Model Pembelajaran Sentra Pada Anak Kelompok B Tk Aisiyah Punggawan Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi Tidak di publikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Yulia, P. S. Penerapan Metode Quantum Learning dengan Teknik Mind Map untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat yang sesuai dengan EYD bagi Anak Tunarungu Kelas IV di SLBN Kota Gajah Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi Tidak di publikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.