DRAWING ACTIVITY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK A TK AN-NUR SEMANGGI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas melalui kegiatan drawing activity di kelompok A TK An-Nur Semanggi Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelompok A TK An-Nur Semanggi Surakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 13 anak yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 5 anak lakilaki. Teknik untuk mengumpulkan data adalah dengan wawancara, observasi, hasil karya, dan dokumentasi. Uji
Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kata kunci: kemampuan kreativitas, drawing activity, pendidikan anak usia dini
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Mulyono, A. M. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Pamilu, A. (2007). Mengembangkan Kreativitas dan Kecerdasan Anak. Jakarta: Buku Kita.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang STANDAR Pendidikan Anak Usia Dini. (2009). Jakarta: Permendiknas.
Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Soesilo, T. D. (2004). Pengembangan Kreativitas Melalui Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Suyatmi. (2014). Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Aktivitas Menggambar pada anak kelompok A di TK ABA Ngabean 2. Dipetik Pebruari 2016.
Undang-undang Sisdiknas. (2005). Solo: CV.Kharisma Solo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.