DRAWING ACTIVITY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK A TK AN-NUR SEMANGGI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Latifah Matin, Warananingtyas Palupi, Adriani Rahma Pudyaningtyas

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  kemampuan  kreativitas  melalui  kegiatan  drawing activity  di  kelompok  A  TK  An-Nur  Semanggi  Surakarta  tahun  ajaran  2015/2016.  Penelitian  ini  merupakan Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK).  Subjek  penelitian  adalah  peserta  didik  kelompok  A  TK  An-Nur  Semanggi Surakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 13 anak yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 5 anak lakilaki. Teknik untuk mengumpulkan data adalah dengan wawancara, observasi, hasil karya, dan dokumentasi. Uji
Validitas  data  yang  digunakan  adalah  triangulasi  sumber  dan  triangulasi  teknik.  Teknik  analisis  data menggunakan  teknik  analisis  interaktif  yang  terdiri  dari  empat  komponen  analisis  yaitu  pengumpulan  data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.


Kata kunci: kemampuan kreativitas, drawing activity, pendidikan anak usia dini

References

Mulyono, A. M. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Pamilu, A. (2007). Mengembangkan Kreativitas dan Kecerdasan Anak. Jakarta: Buku Kita.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang STANDAR Pendidikan Anak Usia Dini. (2009). Jakarta: Permendiknas.

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Soesilo, T. D. (2004). Pengembangan Kreativitas Melalui Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Suyatmi. (2014). Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Aktivitas Menggambar pada anak kelompok A di TK ABA Ngabean 2. Dipetik Pebruari 2016.

Undang-undang Sisdiknas. (2005). Solo: CV.Kharisma Solo.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.