PENGARUH MODELTAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A TK AR-ROHMAH WIRUN MOJOLABAN SUKOHARJO

Tiara Dyah Dwi Pratiwi, Yudianto Sudjana, Adriani Rahma Pudyaningtyas

Abstract

Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk menguji pengaruh Take
and  give  terhadap  kemampuan  berbicara  anak  kelompok  A  di  TK  Ar-Rohmah
Wirun,  Mojolaban,  Sukoharjo.  Desain  yang  digunakan  adalah  between  subject
dengan  sampel  independen  sejumlah  24  anak  pada  masing-masing  kelompok
kontrol dan eksperimen.  Data dikumpulkan menggunakan skala untuk mengukur
kemampuan berbicara anak. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk,
sedangkan  uji  reliabilitas  mengunakan  alpha  cronbach’s.  Analisis  data
menggunakan  t-test  setelah  dilakukan  uji  prasyarat  yang  terdiri  dari  uji
normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model take
and give memberikan pengaruh terhadap Kemampuan berbicara anak kelompok
A. Hal tersebut dibuktikan dari hasil posttest kelompok eksperimen yang memiliki
perbedaan signifikan bila dibandingkan dengan hasil posttest kelompok kontrol.


Kata Kunci: model take and give, kemampuan berbicara,  pendidikan anak usia dini.

References

Arsjad, M.G, & Mukti, U.S. (2005).Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia.Jakarta : Penerbit Erlangga.

Gunarsa, S.D. (1990). Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta : PT. BPK

Gunung Mulia.

Huttenlocher, J. (1998). Language Input and Language Growth. Preventive medicine.27 (2), 195-199. Diperoleh pada tanggal : 27 Februari 2016.

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: bpfe-Yogyakarta.

Otto, B. (2015).Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta :

Prenadamedia Group.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum

Yogyakarta : Ar-ruzz Media.

Yuliastini, S., Tastra, D.K., & Sudhita, W.R. (2015). Pengaruh Model Take And

Give Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPS. E-journal

Edutech.3 (1). Diperoleh pada tanggal : 30 Januari 2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.