PENGARUH MODELTAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A TK AR-ROHMAH WIRUN MOJOLABAN SUKOHARJO
Abstract
Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk menguji pengaruh Take
and give terhadap kemampuan berbicara anak kelompok A di TK Ar-Rohmah
Wirun, Mojolaban, Sukoharjo. Desain yang digunakan adalah between subject
dengan sampel independen sejumlah 24 anak pada masing-masing kelompok
kontrol dan eksperimen. Data dikumpulkan menggunakan skala untuk mengukur
kemampuan berbicara anak. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk,
sedangkan uji reliabilitas mengunakan alpha cronbach’s. Analisis data
menggunakan t-test setelah dilakukan uji prasyarat yang terdiri dari uji
normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model take
and give memberikan pengaruh terhadap Kemampuan berbicara anak kelompok
A. Hal tersebut dibuktikan dari hasil posttest kelompok eksperimen yang memiliki
perbedaan signifikan bila dibandingkan dengan hasil posttest kelompok kontrol.
Kata Kunci: model take and give, kemampuan berbicara, pendidikan anak usia dini.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arsjad, M.G, & Mukti, U.S. (2005).Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia.Jakarta : Penerbit Erlangga.
Gunarsa, S.D. (1990). Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta : PT. BPK
Gunung Mulia.
Huttenlocher, J. (1998). Language Input and Language Growth. Preventive medicine.27 (2), 195-199. Diperoleh pada tanggal : 27 Februari 2016.
Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: bpfe-Yogyakarta.
Otto, B. (2015).Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta :
Prenadamedia Group.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum
Yogyakarta : Ar-ruzz Media.
Yuliastini, S., Tastra, D.K., & Sudhita, W.R. (2015). Pengaruh Model Take And
Give Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPS. E-journal
Edutech.3 (1). Diperoleh pada tanggal : 30 Januari 2016.
Refbacks
- There are currently no refbacks.