PENGARUH STICKER REWARD TERHADAP PERILAKU ASERTIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan sticker reward terhadap
perilaku asertif pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimendengan tipe nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 anak usia 5-6 tahun di TK Cemara Dua Surakarta. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dalam bentuk checklist untuk mengukur perilaku asertif padaanak. Analisis data menggunakanindependent sample t-test dengan bantuan SPSS 15 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan sticker reward terhadap perilaku asertif pada anak usia 5-6 tahun. Sticker reward memberikan pengaruh 51,4% terhadap perilaku asertif pada anak.
Kata Kunci: sticker reward, perilaku asertif,pendidikan anak usia dini.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Cartledge, G. & Kleefeld, J. (2009). Taking Part: Introducing Social skills to Children. United States of America: American Guidance Service.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Guven, M. (2010). An Analysis of the Vocational Education Undergraduate Students’ levels of Assertiveness and Problem-Solving Skills. Procedia Social and Behavioral Sciences, 2, 2064-2070.
Mad, S. A. & Subramaniam, V. (2011). the Elements of Rewards Towards the Children in the Process of Mastering Malay Languange Vocabulary. International Journal of Business and Social Science, 2 (2), 186-192.
Myers, G. E. & Myers, M. T. (1992). the Dinamic of Human Communication: a Laboratory Approach. Singapura: McGraw-Hill Book.
Niusha, B., Farghadani, A.,& Safari, N. (2012). Effect of Assertiveness Training on Test Anxienty of Girl Student in First Grade of Guidance School. Procedia Social and Behavioral Sciences, 46, 1385-1389.
Olson, M. H. & Hergenhahn, B. R. (2011). Pengantar Teori-Teori Kepribadian. Terj. An Introduction to Theories of Personality. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Peneva, I. & Mavrodiev, S. (2013). A Historical Approach to Assertiveness. Psychology Thought, 6 (1), 3-26.
Pourjali, F. & Zarnaghash, M. (2010). Relathionship between Assertiveness and the Power of Saying No with Mental Health among Undergraduate Student. Procedia Social and Behavioral Sciences, 9, 137-141.
Willingham, D. T (2008). Should Learning be it’s own Reward. Journal of the American Federation of Teachers, 29-35.
Refbacks
- There are currently no refbacks.