EFEK QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LIFE SCIENCE ANAK USIA 5-6 TAHUN TK BA AISYIYAH POLOKARTO SUKOHARJO

Asih Mukharoh, Siti Wahyuningsih, Yudianto Sujana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek quantum learning terhadap kemampuan
life science anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah 15 anak usia 5-6 tahun  di  TK  BA  Aisyiyah  Polokarto.  Data  dikumpulkan  menggunakan  tes  untuk  mengukur kemampuanlife science anak. Analisis data menggunakan independent sample t-test dan paired ttest  dengan  SPSS  15  for  windows.  Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa  terdapat  efek  quantum learning terhadap kemampuan life science anak usia 5 -6 tahun.


Kata Kunci: model quantum learning, kemampuan life science

References

Abruscato, J. (1996). Teaching Children Science a Discovery Approach. United States of Amerika: A Simon & Schuster Company.

Azwar, S. (1998). Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Çakici, Y., & Turkman, N. (2013). An Investigation of the Effect of Project-Based Learning Approach on Children ’ s Achievement and Attitude in Science. The Online Journal of Science and Technology, 3(2), 9–17.

Davis, W.A.. (2012). The Effect of Quantum Learning on Standardized Test Scores versus schools that do not use Quantum Learning. Department of Educational Leadership College of Education and Human Services:

Northwest Missouri State University Missouri.

Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Deporter, B & Hernacki, M. (2006). Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Deporter, Reardon dan Singer. (2007). Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Trundle, K.C., Saçkes, M., Akerson, V.L., Weiland, I....Fouad., K.E. (2015). Research in Early Childhood Science Education. http://doi.org/10.1007/978-94-017-9505-0 Khasanah, A., Pendidikan, F. I., Surabaya, U. N., Setyowati, S., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (n.d.). PENGARUH QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL, 1–6.

Nugraha, A. (2008). Pengembangan Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation.

Santrock, J. W. (2002). Life Span Development Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J. W. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Yulianti, D. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. indeks.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.