UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK A TK GENTUNGAN 01 MOJOGEDANG TAHUN 2015/2016

Yanis Tri Hastutik, Siti Wahyuningsih, Hadi Mulyono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri melalui kegiatan finger painting pada anak kelompok A TK Gentungan 01 Mojogedang Tahun A jaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian terdiri dari tiga siklus yang terdiri 2 pertemuan. Setiap pertemuan  terdairi  dari  tahap  perencanaan,  tindakan,  observasi  dan  refleksi.  Subjek  dan  sumber  data  dalam
penelitian  ini  yaitu  anak  kelompok  A2  dan  guru  kelas  kelompok  A2  TK  Gentungan  01  Mojogedang.  Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara,  observasi, pemberian tugas, unjuk kerja dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triagulasi teknik. Teknik analisis data yang  digunakan  model interaktif.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan peningkatan dalam mengenal bentuk geometri pada anak setiap siklus. Pada pratindakan dari 16 anak terdapat 8 anak (50%) sudah tuntas. Pada si klus satu dari 15 anak terdapat 9 anak (60%) tuntas. Pada siklus II terdapat 10 anak tuntas (66,67%) dari 15 anak dan siklus III terdapat peningkatan 86,67% atau 13 anak tuntas  dari 15 anak.  Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam  3
siklus tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan finger painting dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak Kelompok A TK Gentungan 01 Mojogedang Tahun Ajaran 2015/2016.


Kata Kunci: kemampuan, pengenalan geoemetri, finger painting

References

Aslan, D., Arnas, Y.A., & Eti, I. (2012). An Investigation on How Children From Different Socioeconomic Status (Ses) Classify Geometric Shapes. Turki: Çukurova University. International Journal Of Academic Research Vol. 4. No. 6.

Ibrahim & Suparni. (2009). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Teras.

Masitoh, dkk. (2004). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Listyowati, A & Sugiyanto. (2014). Finger Painting. Jakarta: Erlangga.

Pamadi, H. Sukardi, E & Muiz, A. (2010). Seni Ketrampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Phelps, P. (2012). Lets Build strong foundations in language, math and social skill. Lewisville: Gryphon House, Inc.

Suyadi & Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.