PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN TEBAK KATA PADA ANAK KELOMPOK B TK/RA CEMARA DUA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/ 2016

Twenty Eka Catur Wulansari, Ruli Hafidah, Adriani Rahma Pudyaningtyas

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pengenalan membaca permulaan melalui permainan tebak kata pada anak kelompok B TK Cemara Dua Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah anak kelompok B TK Cemara Dua Surakarta yang berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi, tes unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis datanya menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melalui permainan tebak kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Cemara Dua Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016 dari prasiklus ke siklus I, dan siklus I ke siklus II. Ketuntasan klasikal anak dalam membaca permulaan pada prasiklus adalah sebesar 3 anak atau 25% yang mencapai kriteria tuntas. Peningkatan terjadi pada siklus I yaitu 7 anak atau 58,33% mencapai ketuntasan dalam membaca permulaan. Pada siklus II ketuntasan klasikal pada kemampuan membaca permulaan anak meningkat menjadi 10 anak atau 83,33%. Simpulan penelitian ini adalah melalui permainan tebak kata dapat meningkatkan kemampuan pengenalan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Cemara Dua Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016


Kata kunci: membaca permulaan, permainan tebak kata

References

Anwar & Ahmad, A (2009) Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta CV

Hermawan, R.Y (2012) Penerapan Metode Permainan Tebak Kata Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Ivb Mata Pelajaran Ips Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi Di Sdn Kebonsari 04 Jember. Skripsi Universitas Jember. Dari http://www.yokiezone.co.cc

Masitoh, Setiasih,& Djoehani (2005). Pendekatan Belajar Aktif Di Taman Kanak-Kanak.Jakarta :Depdiknas

Suyadi (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Tarigan, H.G (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tedjasaputra, M. (2001). Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta:Gramedia

Umar,T. S (2012) Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Melengkapi Kalimat Rumpang Melalui Permainan Tebak Kata Di Kelas II SDB Al-Huda Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi Dipublikasikan. Universitas Negeri Gorontalo

Undang-undang Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003. Standart Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Refbacks

  • There are currently no refbacks.